Home / Berita / Pemuda dan Olahraga / BERMODAL JUARA POPDA, 2 ATLET KARATE GABDIKA BATANG OPTIMIS MENANG DI KEJUARAAN INTERNASIONAL

Berita

Bermodal Juara POPDA, 2 Atlet Karate Gabdika Batang Optimis Menang di Kejuaraan Internasional

Batang - Adanya Kejuaraan Internasional Champions 2023 Ratu Kalinyamat di Jepara, Perguruan Karate Gabdika Kabupaten Batang mengirimkan 10 atlet berprestasi bertanding pada 10 September 2023.

Batang - Adanya Kejuaraan Internasional Champions 2023 Ratu Kalinyamat di Jepara, Perguruan Karate Gabdika Kabupaten Batang mengirimkan 10 atlet berprestasi bertanding pada 10 September 2023.

Kejuaraan terbuka yang diperlombakan adalah kelas kata dan kelas kumite diberbagai umur serta kategori. Kejuaraan ini diikuti oleh 54 tim aliran perguruan karate dan beberapa negara asia seperti Jepang.

“Hari ini kami melakukan persiapan pemberangkatan atlet Karate Gabdika Kabupaten Batang yang berjumlah 10 orang. Dari SMK Bintara ada 2 orang, Pondok Pesantren Slamet ada 5 orang, SD Tulis ada 1 orang, Mahasiswa UNNES Semarang, dan Mahasiswa UNISS masing-masing ada 1 orang,” kata Ketua Gabdika Batang Tri Mulyo saat ditemui di SMK Bintara Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (9/9/2023).

Pada Kejuaraan Internasional Champions 2023 Ratu Kalinyamat menargetkan seluruhnya mendapatkan juara pertama dari atlet yang diberangkatkan.

“Kebetulan atlet yang diberangkatkan semuanya mempunyai prestasi, jadi kemampuan sudah teruji. Salah satunya Hana Nafiah Ataya yang kemarin juara pertama POPDA cabang olahraga karate kelas kata dan juara pertama kelas kata tingkat pelajar,” jelasnya.

Kemudian, ada Lhutfi Athul Adhibah yang kemarin juga juara pertama POPDA cabang olahraga karate kelas komite 45kg dan juara ketiga tingkat nasional cabor karate Kejuaraan Walisongo Semarang.

Salah satu atlet, Hana mengatakan, dirinya sudah siap bertanding. Persiapan yang dilakukan selama 2 bulan yakni berlatih setiap hari dari siang hingga sore mempelajari teknik, menghafal gerakan. Karena saya mengikuti karate kelas kata supaya tidak ada gerakan yang lupa atau meleset.

“Kalau mental sendiri sudah kuat, karena sudah terbiasa mengikuti pertandingan dimana-mana jadi tidak begitu khawatir.

Sementara itu, Lhutfi menambahkan, kalau saya mempersiapkan fisik dan mental karena pada kelas kumite kita harus bertarung dengan lawan untuk mendapatkan poin agar menang. Target kami berdua tentunya membawa prestasi yakni juara pertama disetiap kelas, baik itu kata dan kumite.

“Optimis ini tumbuh karena beberapa kejuaraan karate yang kami ikuti berhasil membawa prestasi membanggakan bagi Kabupaten Batang,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Siska)