Home / Berita / IKM UKM UMKM / BERLATIH KEWIRAUSAHAAN, SISWA TK "BUKA LAPAK" DI SEKOLAH

Berita

Berlatih Kewirausahaan, Siswa TK "Buka Lapak" di Sekolah

Batang - Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Wonotunggal dipenuhi para siswa yang berdiri di belakang meja menjajakan aneka makanan ringan kepada teman sebaya yang sudah mengantre.

Batang - Taman Kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Wonotunggal dipenuhi para siswa yang berdiri di belakang meja menjajakan aneka makanan ringan kepada teman sebaya yang sudah mengantre.

Ragam makanan ringan yang dijajakan seperti kue lapis, puding, tahu sakura, naget ayam, buah-buahan dan berbagai jenis minuman jus serta aneka kudapan diperjualbelikan dalam kegiatan Market Day.

Kepala TK Negeri Pembina Wonotunggal Indah Lestari mengatakan,  anak didik dengan dibantu beberapa guru, mulai belajar memberikan uang kembalian kepada setiap teman yang membeli dagangannya. Kegiatan tersebut juga sekaligus digunakan untuk memperkenalkan pecahan uang rupiah kepada anak.

“Acara Market Day kali ini mengusung tema “Makanan dan Minuman Sehat untuk Anak Indonesia yang Sehat”, yang dilaksanakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia dan mewujudkan profil pelajar Pancasila pada anak-anak,” terangnya, saat ditemui di TK Pembina Wonotunggal, Kabupaten Batang, Jumat (25/8/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya melatih jiwa wirausaha anak, mengenal mata uang, melatih keberanian dan menghargai hasil karya teman serta mengenal makanan sehat. Sekaligus juga jadi sarana membangun citra kreativitas anak dan ibu.

“Dengan menyediakan jajanan rumahan semoga akan muncul kreativitas ibu dan anak saat membuat jajanan tersebut di rumah,” jelasnya.

Harga untuk tiap produk yang dijual sebesar Rp2.000,00.

“Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama orang tua murid dan pihak sekolah. Wali murid bekerja sama menghias dan mendekorasi stand berjualan serta menyiapkan menu-menu sehat yang akan dijual oleh anak-anak,” terangnya.

Ia berharap, kegiatan ini bisa mendorong anak didiknya untuk menjadi wirausahawan sejak dini. Apalagi mereka juga diajak untuk lebih kreatif dalam berkreasi membuat makanan sehat bersama Ibunya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)