Home / Berita / Pemilu / MASUK TAHUN POLITIK, KETUA PMI JATENG IMBAU PENGURUS BARU BATANG HARUS NETRAL

Berita

Masuk Tahun Politik, Ketua PMI Jateng Imbau Pengurus Baru Batang Harus Netral

Batang - Masuknya tahun politik, Ketua PMI Jawa Tengah mengimbau pengurus baru PMI Kabupaten Batang yang baru dilantik harus netral.

Batang - Masuknya tahun politik, Ketua PMI Jawa Tengah mengimbau pengurus baru PMI Kabupaten Batang yang baru dilantik harus netral.

“Iya, PMI melarang keras mencampuradukkan kegiatan kemanusiaan dengan kegiatan politik. Atribut Parpol atau Calon Kepala Daerah tak boleh digunakan atau dipasang di lokasi atau peralatan yang digunakan dalam kegiatan kepalangmerahan,” kata Ketua PMI Jateng Sarwa Pramana saat ditemui usai melantik di Aula Bupati Batang, Kabupaten Batang, Selasa (21/3/2023).

Seluruh Pengurus PMI dari Pusat sampai Daerah menyadari bahwa kepercayaan masyarakat kepada PMI adalah suatu aset yang harus dijaga.

“Prinsip-prinsip kegiatan Palang Merah Indonesia yang terdiri dari tujuh unsur. Yaitu kemanusiaan, kesukarelaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan,” tegasnya.

Ketujuh prinsip itu adalah penjaga kepercayaan masyarakat, penjaga kredibilitas organisasi PMI dan gerakan Kepalangmerahan.

Ia berharap, pengurus PMI Batang dapat netral memasuki tahun politik. Jika memang ada yang akan mencalonkan harap cuti atau mundur dari jabatan di PMI. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)