Home / Berita / Pariwisata / DESTINASI WISATA DIENG UTARA DILIRIK KEMNAKER

Berita

Destinasi Wisata Dieng Utara Dilirik Kemnaker

Batang Destinasi wisata di kawasan Dieng Utara yang masuk wilayah geografis Kabupaten Batang dan Banjarnegara dilirik oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Obyek wisata kawasan Dieng Utara di dua wilayah itu, sudah banyak dikunjungi. Tidak hanya wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia tapi juga wisatawan mancanegara (wisman).

Batang Destinasi wisata di kawasan Dieng Utara yang masuk wilayah geografis Kabupaten Batang dan Banjarnegara dilirik oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Obyek wisata kawasan Dieng Utara di dua wilayah itu, sudah banyak dikunjungi.  Tidak hanya wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia tapi juga wisatawan mancanegara (wisman).

Potensi itu ada di lima desa yang akan ditingkatkan menyangga kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng. Terutama di pengembangan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) di sektor kriya kuliner dan sebagainya.

Untuk mendorong Hal itu, Kemnaker menggelar rembug bersama dengan berbagai dinas terkait dari dua kabupaten dan warga setempat di Hotel Sendang Sari, Kabupaten Batang, Minggu (11/12/2022).

Staf Khusus Kemnaker, Caswiyono Rusydie Cakrawongso mengatakan, Kawasan Dieng yang masuk wilayah Banjarnegara dan Batang menjadi pilot projects atau percontohan. Dieng selama ini banyak terkenal sebagai wilayah Wonosobo, padahal Kabupaten Batang dan Banjarnegara juga memiliki Dieng.

“Hadirnya perluasan tenaga kerja berbasis kawasan ini digagas untuk meningkatkan usaha-usaha lokal. Sehingga bisa menyerap tenaga kerja yang lebih banyak. Walaupun tidak masuk di kawasan industry,” jelasnya.

Kalau mengatasi pengangguran tidak hanya membangun industri, tapi juga sektor UMKM karena juga bisa menyerap banyak tenaga kerja. Itu alasan kita mengembangkan program perluasan kerja berbasis kawasan.

Menurutnya, wirausaha harus didampingi. Tidak hanya memberikan bantuan berupa uang tanpa ada kelanjutannya. Melalui cara itu pihaknya optimis potensi lokal bisa tergali secara maksimal. Hingga ke terciptanya ekosistem usaha kerakyatan. Mengingat Kawasan Dieng menjadi salah satu daya tarik wisata di Jawa Tengah.

“Wilayah Dieng yang masuk Kecamatan Bawang Kabupaten Batang dan Batur di Banjarnegara mempunyai potensi kawasan agroforestri dan wisata. Di Kecamatan Bawang ada Desa Deles, dan Pranten. Sementara di Kecamatan Batur ada Desa Dieng Kulon, Kepakisan dan Pekasiran,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kabupaten Batang Yarsono, sangat mendukung hadirnya program tersebut. Setelah hadirnya Tol Khayangan yang menghubungkan Jalur Pantura menuju Dieng. Desa Pranten dan Deles selama ini menjadi salah satu penyangga wisata Dataran Tinggi Dieng.

 “Wilayah kami sendiri punya potensi besar di sektor hasil pertanian seperti kentang, kol, wortel, dan Tol Khayangan,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)