Sambut KITB, Pelajar SMKN 1 Batang Dilatih Strategi Komunikasi
Batang - Menyikapi adanya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), para pelajar SMKN 1 Batang meningkatkan kompetensi di bidang komunikasi. Sejalan dengan tujuan digelarnya Abirawa Goes To School, Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Abirawa FM Batang, juga berupaya mengenalkan peran radio di era digital.
Batang - Menyikapi
adanya Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), para pelajar SMKN 1 Batang
meningkatkan kompetensi di bidang komunikasi. Sejalan dengan tujuan digelarnya
Abirawa Goes To School, Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL)
Radio Abirawa FM Batang, juga berupaya mengenalkan peran radio di era digital.
Dan yang terpenting
para penyiar dari LPPL Radio Abirawa FM juga menyampaikan strategi komunikasi
yang tepat kepada siswa khususnya di bidang multimedia.
“Acara ini juga bagian
dari upaya mempersiapkan generasi muda untuk waktu lima tahun ke depan, yang
siap bersaing dengan kompetensinya saat KITB mulai beroperasi,” kata Kepala
Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang Triossy Juniarto, saat membuka
acara dalam kegiatan Abirawa Goes to School, di Aula SMKN 1 Kabupaten Batang,
Rabu (5/10/2022).
Selain dilatih secara
teknis tentang trik berkomunikasi yang baik, para peserta didik juga diberikan
pembekalan agar memiliki pola pikir positif, sehingga siap bersaing.
“Saya yakin pelajar SMK
juga mendapatkan materi tentang teknologi informasi dan mengikuti perkembangan
teknologi seperti podcast dan media sosial lainnya untuk menunjang
kompetensinya ketika sudah terjun ke dunia industri,” tegasnya.
Materi tersebut sangat
tepat diberikan kepada pelajar SMK karena untuk mendukung kompetensi yang
dimiliki, sebelum diterapkan pada dunia industri, khususnya setelah dibukanya
perusahaan-perusahaan yang ada di KITB beberapa tahun ke depan.
Sementara itu, Ketua
Kompetensi Keahlian Multimedia dan Program Keahlian Desain Komunikasi Visual,
SMKN 1 Batang Mahadi Hendro Wiyono, pun menyambut baik event Abirawa Goes To
School ini.
Ia menanggapi bahwa di
era yang semua aktivitas manusia serba dilakukan secara digital, dibutuhkan
peserta didik yang piawai mengaplikasikan teknologi informasi, untuk mendukung
digital marketing.
“Anak-anak bisa
mempelajari ilmu komunikasi publik. Terkadang anak-anak yang piawai di bidang
multimedia belum tentu lancar berkomunikasi, dengan hadirnya Abirawa Goes To School
ini, akan menumbuhkan jiwa komunikasi anak yang interaktif dengan pelanggan
baik luring maupun daring,” terangnya.
Kegiatan Abirawa Goes
To School digelar tiap bulannya di seluruh SMA/SMK maupun Madrasah Aliyah, agar
peserta didiknya memahami dunia radio seutuhnya dan mendukung kelancaran
berkomunikasi di hadapan publik nantinya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)