Home / Berita / Sosial / BERSEDEKAH DENGAN SETETES DARAH

Berita

Bersedekah dengan Setetes Darah

Batang Banyak jalan bagi setiap orang yang ingin menunjukkan kepedulian terhadap sesama. Salah satunya dengan mendonorkan darahnya secara rutin, untuk menolong orang yang membutuhkan.

Batang Banyak jalan bagi setiap orang yang ingin menunjukkan kepedulian terhadap sesama. Salah satunya dengan mendonorkan darahnya secara rutin, untuk menolong orang yang membutuhkan.

Namun, bagi Anisi Filda Citranti siswi SMAN 1 Batang, mendonorkan darah merupakan pengalaman pertamanya dengan harapan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya.

“Kita mendonorkan darah itu sama saja dengan bersedekah. Jadi sedekahnya lewat darah, karena tidak bisa bersedekah dengan uang atau baju, ya kita mulai dari hal terkecil dulu dari diri sendiri,” katanya, usai mendonorkan darah, dalam rangka Hari Pramuka Ke-61, di Aula SMK Bakti Praja, Dracik Kampus, Proyonanggan Selatan, Kabupaten Batang, Kamis (25/8/2022).

Di kesempatan perdananya dalam mendonorkan darah, remaja yang pernah diamanati sebagai Ketua Forum Remaja Palang Merah Indonesia (FORPIS) Kabupaten Batang itu, hanya berniat untuk menolong.

“Yang penting lakukan dengan ikhlas, kalau pahala Allah SWT yang mengatur. Buat teman-teman yang belum pernah donor darah, jangan khawatir tidak sakit, malahan tubuh kita akan semakin sehat dan khusus untuk saudara-saudaraku yang membutuhkan transfusi darah, tetap semangat karena pasti ada yang mendonorkan darahnya,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Abdimas Kwarran Batang, Sri Mulyatno mengatakan, kegiatan donor darah ini sesuai arahan dari Ka. Kwarda Jawa Tengah, Siti Atikoh Ganjar Pranowo. Selain upacara, dipersilakan menggelar kegiatan bakti sosial yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kwarran Batang memilih donor darah karena dikolaborasikan dengan PMI, karena masyarakat banyak yang membutuhkan darah,” ungkap pria yang juga menjabat Wakil Ketua III Bidang SDM PMI Batang.

Ia menerangkan, Demam Berdarah Dengue (DBD) intensitasnya mulai meningkat. Dan salah satu penanganan tercepat bagi penderita DBD adalah dengan donor darah.

“Makanya, PMI berkewajiban untuk memenuhi stok darah supaya terpenuhi,” tegasnya.

Kondisi stok darah di PMI saat ini, golongan darah A 59 kantong, B 130 kantong, O 66 kantong, AB 13 kantong.

“Diperkirakan akan terkumpul 50-75 kantong darah untuk kegiatan hari ini,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)