Home / Berita / Sosial / KWARCAB BEKALI PEGAWAI LAPAS BATANG KETANGKASAN EVAKUASI KORBAN BENCANA

Berita

Kwarcab Bekali Pegawai Lapas Batang Ketangkasan Evakuasi Korban Bencana

Batang - Tim Pegawai Lapas Kabupaten Batang adu ketangkasan evakuasi korban bencana dalam menyambut HUT Hari Dharma Karya Dhika Ke-77 dan Hari Pramuka Ke-61 di Lapas Kelas II B Batang, Kabupaten Batang, Kamis (21/7/2022).

Batang - Tim Pegawai Lapas Kabupaten Batang adu ketangkasan evakuasi korban bencana dalam menyambut HUT Hari Dharma Karya Dhika Ke-77 dan Hari Pramuka Ke-61 di Lapas Kelas II B Batang, Kabupaten Batang, Kamis (21/7/2022).

Sirine kebakaran berbunyi nyaring, dengan cepat sejumlah petugas berlari untuk memastikan situasi. Titik api pun diketahui melalap salah satu blok, petugas bergegas memakai alat pelindung diri, dan mengambil alat pemadam kebakaran.

Mereka pun langsung berlari cepat ke lokasi kebakaran, ternyata ada korban di dalam. Dengan sigap mereka melakukan upaya penyelamatan korban dengan peralatan yang ada.

Suasana cukup menyulitkan tim saat harus melewati beberapa titik rintangan dengan membawa korban untuk dievakuasi. Usaha keras dan kehati-hatian diperlukan, hingga ke lokasi yang aman.

Begitulah suasana perlombaan adu ketangkasan yang dilakukan sembilan tim pegawai Lapas Batang.

Kepala Lapas Kelas IIB Batang Rindra Wardhana mengatakan, kegiatan Lapas Batang ini didukung dengan Kwarcab Batang untuk memperingati HUT Ke-77 RI, Hari Dharma Karya Dhika Ke-77 dan Hari Pramuka Ke-61.

Menurutnya, kegiatan adu ketangkasan evakuasi bencana alam bisa memberikan keterampilan kepada pegawai lapas jika terjadi kebencanaan.

“Tentu kita tidak mengharapkan bencana, namun kesiapsiagaan kemampuan kapasitas harus kita bangun dengan lomba seperti ini mereka bisa merasakan bagaimana jika ada suatu bencana dimana pun mereka siap,” jelasnya.

Dalam perlombaan itu ada beberapa aspek yang dinilai diantaranya bagaimana melakukan keselamatan diri dan korban, alat yang digunakan, kecepatan waktu juga dihitung sekian menit detik dan menjadi bahan penilaian.

Terkait peralatan keselamatan, lanut dia, kelengkapan di Lapas sudah cukup lengkap baik dari pengadaan mau pun yang diberikan oleh Ditjen Pas.

“Untuk jumlah pegawai di Lapas ada 61 sedangkan untuk warga binaan saat ini berjumlah 309 orang,” terangnya.

Sekretaris Kwarcab Batang Supri Irianto mengatakan, ini merupakan satu kerjasama kolaborasi sebagaimana sudah resmi memiliki gugus depan di Lapas Batang.

“Kita apresiasi semangatnya, untuk kegiatan yang dilakukan berbau kepramukaan yaitu penanganan korban di Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran yang diharapkan berlanjut di latihan selanjutnya,” ungkapnya.

Dikatakannya, kerjasama yang dibangun dengan Lapas Batang saat ini sangat baik. Pihaknya pun telah menyiapkan program-program yang akan dilakukan di Lapas Batang sebagai salah satu pembinaan dan dukungan.

“Sebenarnya program-program sudah ditentukan tapi tertunda Covid-19, kegiatan ini menjadi momentum bagi Kwarcab, Kwaran dan Lapas Batang. Ke depan kami akan lakukan pembinaan keterampilan yang harapannya bisa rutin dilakukan seminggu atau dua minggu sekali,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)