Home / Berita / Sosial / JUARA DUNIA PANJAT TEBING, KIROMAL KATIBIN DAPAT RUMAH DARI PEMKAB BATANG

Berita

Juara Dunia Panjat Tebing, Kiromal Katibin Dapat Rumah dari Pemkab Batang

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Batang lagi mempersiapkan rumah tempat tinggal atlet panjat tebing yang meraih juara di event kelas dunia.

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Batang lagi mempersiapkan rumah tempat tinggal atlet panjat tebing yang meraih juara di event kelas dunia.

“Kiromal Katibin kita janjikan perumahan. Insyaallah rumah layak huni dapat terealisasi,” kata Sekretaris Koni Batang Karyono saat ditemui di Kantor DPUPR, Kabupaten Batang, Rabu (29/6/2022).

Kiromal Katibin adalah atlet Batang yang  berhasil menjadi juara di nomor speed 15 meter dengan catatan waktu 5,17 detik pada ajang Climbing World Cup IFSC 2022 di Seoul, Korea Selatan.

Keluarga Kiromal Katibin memang saat ini belum memiliki tempat tinggal, mereka tinggal satu rumah dengan keluarga besarnya yang berada di keluarahan Kauman Kecamatan Batang.

“Rumah ini sebagai bentuk apresiasi Pemkab Batang dari anggran hibah KONI kepada atlet yang berprestasi,” jelasnya.

Tidak hanya itu, Atlet Batang yang meraih juara di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) seperti Kiromal Katibin, Umar Hamdan Atlet Para Layang  dan Hadi Atlet dari cabang olahraga atletik juga ada apresiasi dari Pemkab Batang.

“Apresiasi sudah kami siapkan di tahun 2021 pada anggaran perubahan. Tapi akhirnya kita akan serahkan di tahun ini,” ungkapnya.

Ia pun menyebutkan, bentuk apresiasi kepada atlet berprestasi berupa uang pembinaan. Untuk atlet PON dapat emas mendapatkan Rp20 juta, Perunggu mendapat Rp10 juta.

Adapun untuk apresiasi bagi pelatih berprestasi akan dianggarkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan di tahun 2022.

“Intinya Insyaallah tahun ini Pemerintah daerah dalam hal ini KONI akan memperhatikan atlet berprestasi,” tegasnya.

Ia pun mengatakan, untuk saat ini KONI Batang masih mempersiapkan atlet di ajang pra kualifikasi Por Prov Jateng.

“Tahun 2018 ada 76 atlet yang lolos ke Por Prov Jateng. Untuk tahun ini, kami targetkan 100 atlet dari 44 cabang olahraga,” ungkapnya.

KONI juga mengapresiasi Bupati Batang periode 2017 -2022 yang telah merealisasikan Gedung Olahraga Indoor (GOR) yang telah lama diidamkan masyarakat pecinta olahraga Batang.

“Kami sangat mengapresiasi Bupati Wihaji yang berhasil merealisasikan GOR Indoor representatif bagi pecinta olahraga Batang,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)