Tanamkan Pendidikan Karakter, SMK BP Gelar E-Sport
Batang Merebaknya permainan video secara jamak, oleh mayoritas kalangan milenial, menginspirasi pendidik, menggelar kompetisi E-Sport dalam merayakan Hari Jadi Ke-41 SMK Bakti Praja (BP) Kabupaten Batang, sekaligus menanamkan pendidikan karakter seperti nilai-nilai sportivitas. Pasalnya, permainan tersebut melibatkan 5 pemain dalam satu timnya.
Batang Merebaknya permainan video secara jamak, oleh mayoritas kalangan milenial,
menginspirasi pendidik, menggelar kompetisi E-Sport dalam merayakan Hari Jadi Ke-41 SMK Bakti Praja (BP) Kabupaten Batang, sekaligus menanamkan
pendidikan karakter seperti nilai-nilai sportivitas. Pasalnya, permainan tersebut melibatkan 5 pemain dalam satu
timnya.
Kepala SMK BP Batang Riyanto mengatakan, lomba ini
diinisiasi oleh mayoritas warga sekolah, yang menginginkan agar peserta didik
yang berpotensi di bidang E-Sport lebih terasah kreativitasnya.
“Jadi gawai itu tidak hanya untuk bermain, tapi
berkompetisi dengan mengedepankan karakter jujur dan gotong-royong,” katanya, saat memantau pertandingan E-Sport, di ruang kelas SMK
BP, Kabupaten Batang, Senin (28/3/2022).
Pendalaman karakter sangat penting karena sesuai
dengan Kurikulum Merdeka yakni Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya
Kerja (P5BK).
“Lewat hal-hal kecil seperti inilah semuanya harus
disiapkan. Sehingga ketika Kurikulum Merdeka diterapkan, karakter itu sudah
terbangun dalam jiwa anak didik,” jelasnya.
Kegiatan serupa juga akan digelar saat Penerimaan
Peserta Didik Baru (PPDB), yakni kalangan lulusan dari SMP.
“E-Sport Mobile Legends itu
bagi anak-anak SMP menarik dan mereka sudah lihai. Dan kemampuan E-Sport mereka
itu bisa menambah poin saat PPDB,” tegasnya.
Ia memastikan, dari sisi akademik bagi siswa yang
berpotensi akan diberikan beasiswa, sehingga akan ada keberimbangan.
“Jadi bermain E-Sport ok, tapi di sisi lain
prestasi juga ok,” ungkapnya.
Pihaknya juga akan memberikan dukungan, setelah
mendengar bahwa ada salah seorang anak didiknya yang ingin menekuni cabang
olahraga E-Sport.
“Bakat anak itu berbeda-beda, jadi akan kami dukung
selama berdampak positif,” terangnya.
Salah satu peserta, Dimas siswa kelas X Teknik
Bisnis Sepeda Motor (TBSM), mengutarakan, motivasi terbesarnya mengikuti kompetisi
tersebut karena di masa depan ingin mewujudkan cita-citanya menjadi atlet
E-Sport.
“Ya senang sekali di Hari Jadi ke-41 SMK BP
dimeriahkan dengan kompetisi E-Sport. Tadi poin saya sudah 900, targetnya bisa
menang sampai 2.000,” ujar
dia.
Sementara, Guru mata pelajaran TBSM sekaligus ketua panitia E-Sport,
Rohman Ibrahim mengatakan, saat ini pemerintah juga mendukung E-Sport,
dibuktikan dengan digelarnya berbagai kompetisi untuk kalangan milenial.
“Ini juga bentuk upaya mempersiapkan atlet-atlet
E-Sport yang di masa depan bisa mengikuti turnamen di berbagai tingkat,” tuturnya.
Ia mengapresiasi semangat sportivitas yang
ditunjukkan anak didiknya saat berkompetisi.
“Semoga ke depan mereka benar-benar jadi atlet
E-Sport nasional,” imbuhnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)