Rutan Batang Uji Coba Layanan Kunjungan Online
Batang - Dalam rangkan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Batang meluncurkan program layanan kunjungan online.
Batang - Dalam rangkan
meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)
Rutan Batang meluncurkan program layanan kunjungan online.
Pengunjung diarahkan ke
ruangan kunjungan online. Disana sudah disediakan perangkat komputer terhubung
dengan internet dan webcam. Tak lama kemudian WBP yang dimaksud sudah siap
dilayar monitor. Slamet pun berbincang-bincang dengan keluarganya tanpa kendala
jaringan.
Dengan kunjungan online,
masyarakat bisa mengunjungi/berkomunikasi langsung dengan keluarganya yang
berada di dalam Rutan. Seperti Slamet (30) warga Rowobelang memanfaatkan
layanan kunjungan online untuk mengunjungi temannya di Rutan, Kabupaten Batang,
Kamis (25/3/2021).
“Saya ingin menengok teman
saya yang berada di dalam rutan,” katanya.
Selesai melakukan kunjungan
online, ia mengirimkan uang kepada keluarganya untuk digunakan membeli keperluan
pribadi di kantin dalam Rutan.
Pengiriman uang tersebut
dilayani dengan fasilitas topup Brizi di ruangan yang sama.
Slamet pun merasa puas
dengan layanan di Rutan Batang. “Layanan di Rutan Batang bagus,” sanjungnya.
Rutan Batang sendiri
memberlakukan kebijakan bebas peredaran uang tunai di dalam rutan. Hal tersebut
untuk menghindari praktik pungli di dalam rutan. Sebagai gantinya pihak Rutan
bekerjasama dengan BRI Cabang Batang menyediakan fasilitas e-money berupa kartu
Brizi.
Kartu tersebut bisa
digunakan WBP untuk membeli kebutuhan di kantin Rutan yang dikelola Koperasi
Pegawai.
Sementara itu, Kepala Rutan
Batang Rindra Wardhana menjelaskan, selain layanan kunjungan online, pihaknya
juga menyediakan wartelsus yang dilengkapi dengan sarana videocall. Sehingga
WBP yang ingin berkomunikasi dengan keluarganya dapat memanfaatkan fasilitas
tersebut.
“Layanan ini sebagai bukti
komitmen kami dalam melaksakan pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan target
meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Tahun 2021,” ujar
dia.
Rindra berharap, layanan
kunjungan online dapat diketahui oleh masyarakat dan dirasakan manfaatnya. (MC
Batang, Jateng/Heri/Jumadi)