Home / Berita / Pemerintahan / PEMKAB MAGGARAI PROVINSI NTT MELAKUKAN KERJASAMA DENGAN PEMKAB BATANG

Berita

Pemkab Maggarai Provinsi NTT Melakukan Kerjasama Dengan Pemkab Batang

Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur, dalam rangka Kerjasama penyelenggaraan pemerintah dearah terkait Implementasi pengembangan E-Goverment yang dilaksanakan di ruang mettingroom kantor Bupati Batang kamis, (12/10).

Bupati Batang Wihaji mengatakan kegiatan kerjasama tata kelola pemerintahan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Batang dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai ini, bahwa kebetulan kabupaten batang ini menjadi salah satu percontohan tata kelola pemerintahan menurut KPK, jadi ini bagian dari percontohan tata kelola pemerintahan dengan menerapkan e-goverment ujar Wihaji.

Beliau menambahkan bahwa pemkab batang sudah memiliki kurang lebih 98 sistem aplikasi yang sifatnya layanan dengan teknologi, baik dari layanan eplaning, ebugeting, simpelbang, esakip, edokuper,eslamet, ehibah bansos, esantunan kematian dan sebagainnya tandas Bupati.

Kita saling kerjasama apa saja yang perlu di konektingkan yakni dikerjasamakan bersama-sama yang tujuannya membangun pemerintah yang sudah baik dan agar lebih baik lagi. Dan semoga kerjasama ini terus ditindak lanjuti dan sama-sama belajar, karena masing-masing kabupaten/kota memiliki kelebihan dan kekurangannya kata Wihaji.

Bupati Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Deno Kamelus mengatakan kedatanganya di Kabupaten Batang ingin melakukan kerjasama dengan pemkab Batang dalam rangka implementasi pengembangan egoverment.

Awalnya kami sudah melakukan kerjasama dengan pemerintah kota Surabaya akan tetapi dalam perjalanannya ternyata kota Surabaya baru memiliki eplaning, kemudian kami mendapatkan rekomendasi dari KPK untuk dapat bekerjasama dengan Batang tandas Bupati Maggarai.

Beliau menambahkan bahwa Kabupaten Manggarai ini masih jauh dari egoverment karena masih banyak yang bekerja dengan sistem manual, oleh karena itu kami ingin belajar dan bekerjasama dengan kabupaten Batang yang tujuannya memperat persatuan dan kesatuan bangsa dan hubungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berkaitan dengan kerjasama ini kami mendapat rekomendasi dari KPK untuk belajar di kabupaten Batang, dimana kerjasama ini sangat teknis maka kami asetment dulu terkait perangkat lunak dan perangkat kerasnya seperti apa kata Bupati Maggarai.Kami juga minta bantuan terkait pendalaman program egoverment, dan bagaimana kami dapat mengabdosi sisitem egoverment ini dengan Sumber Daya Manusia yang ada. Sehingga apa yang diharapkan dari kerjasama ini untuk kabupaten Manggarai menjadi kenyataan. Kemudian terkait pengembangan Sumber Daya Manusia mohon dukungan dari kabupaten Batang untuk mekanisme ini menjadi bahan diskusi selanjutnya ujar Bupati Manggarai (NTT) Deno Kamelus.

Pada kesempatan tersebut Bupati Manggarai Deno Kamelus dan Bupati Batang Wihaji melakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang peyelenggaraan pemerintah daerah, yang disaksikan oleh Wakil Bupati Batang Suyono, Bappeda Maggarai Matinus J, Kominfo Manggarai Silvanus Hadi, Humas Protokol Manggarai Jose Dede K. Serta kepala OPD terkait Kabupaten Batang,Kemudian dilanjutkan tukar cindera mata antara Bupati Batang dengan Bupati Mangggarai sebagai kenang-kenangan. (Iwan/Humas/McBatang)