Home / Berita / Teknologi / OEMAH PINTAR PEMILU DAN APLIKASI CILUBA, SARANA EDUKASI MASYARAKAT BATANG BERDEMOKRASI

Berita

Oemah Pintar Pemilu dan Aplikasi CILUBA, Sarana Edukasi Masyarakat Batang Berdemokrasi

Kini masyarakat Kabupaten Batang tidak perlu repot - repot lagi untuk mengakses segala informasi yang berhubungan dengan pemilu, karena KPU Kabupaten Batang telah membangun Oemah Pintar Pemilu dan meluncurkan sebuah aplikasi android bernama Catatan Informasi Pemilu Batang (CILUBA). Oemah Pintar dan aplikasi CILUBA telah diresmikan oleh Bupati Batang Wihaji, yang dimaksudkan sebagai sarana untuk mengedukasi masyarakat agar semakin cerdas dalam berdemokrasi bertempat di halaman Kantor KPU Kabupaten Batang, Rabu (4/10).

Peresmian Oemah Pintar Pemilu dihadiri oleh Ketua KPU Batang Adi Pranoto, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo, Dandim 0736/Batang Letkol Inf Fajar Ali Nugraha, perwakilan Dari Polres Batang, perwakilan Ormas dan Partai Politik, siswa – siswi SMA/SMK Se-Kecamatan Batang didampingi bapak/ibu guru.

Dalam sambutannya, Bupati Wihaji menyampaikan KPUD sebagai penyelenggara pemilu harus bekerja secara baik untuk melahirkan tokoh – tokoh yang berkualitas, berdedikasi tinggi untuk membangun daerahnya, melalui sistem berdemokrasi yang semakin mendewasakan masyarakat.

Ketua KPU Batang Adi Pranoto mengatakan dengan dibangunnya Oemah Pintar Pemilu ini nantinya masyarakat dapat mengakses informasi tentang demokrasi, sejarah pemilu di Indonesia, jumlah partai politik yang pernah menjadi peserta pada pesta demokrasi sejak periode 1955 hingga 2014 termasuk siapa saja yang menjadi Kepala Daerah mulai dari Bupati, Gubernur dan Presiden yang menjabat.

“Tentunya Oemah Pintar Pemilu ini masih banyak kekurangan, maka ke depan kita akan bekerjasama dengan OPD terkait, untuk melengkapi data – data seperti hasil pemilu, selain itu ada pula fasilitas perpustakaan yang dapat menambah pengetahuan tentang pemilu bagi pemilih pemula,” ujarnya.

Adi menambahkan dalam rangka meningkatkan fungsi pelayanan informasi, KPU Batang juga membuat aplikasi berbasis android yang diberi nama CILUBA (Catatan Informasi Pemilu Batang) yang sudah diluncurkan pada saat pawai kendaraan hias. Aplikasi ini mendapat respon sangat positif dari masyarakat Batang, khususnya para pengguna smartphone. Sampai saat ini sudah lebih dari 100 yang telah mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut.

“Dari partai politik hingga masyarakat umum, semuanya bisa mengakses informasi seputar pemilu hanya dengan mengunduh aplikasi CILUBA di paystore. Semua data ada di aplikasi ini, seperti peserta pemilu, perolehan suara, syarat pemilu dan dilengkapi dengan website KPU Kabupaten Batang, KPU Provinsi Jawa Tengah serta KPU Pusat untuk mengetahui seluruh kegiatan terkait pemilu,” pungkasnya.

Sementara itu, menurut Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo melalui Oemah Pintar Pemilu ada 3 fungsi yang ingin dicapai yaitu sebagai tempat untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi, tempat berkumpulnya para penggiat pemilu sekaligus untuk menyusun kegiatan yang diperlukan dan menjadi museum pemilu serta demokrasi di Indonesia.

“Peresmian Oemah Pintar Pemilu di Kabupaten Batang merupakan yang ke 31, sampai saat ini masih ada 4 Kabupaten yang belum diresmikan antara lain Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Semarang,” tuturnya.

Dukungan terhadap Oemah Pintar Pemilu dan aplikasi CILUBA juga ditunjukkan oleh Sutarmi guru SMA N 02 Batang yang merasa bangga dengan kemajuan teknologi yang digunakan dalam sistem demokrasi.

“Mudah – mudahan pelaksanaan pemilu yang akan datang lebih baik lagi, dengan adanya aplikasi ini masyarakat dan para pemilih pemula dapat melihat secara terbuka, semua bisa melihat perkembangan proses pemilu dan akan menghasilkan pemimpin yang sangat berkualitas. Dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) guru bisa menyampaikan supaya para peserta didik dapat mengunduh aplikasi tersebut sebagai pendidikan dalam berpolitik, harapannya mereka juga dapat belajar tentang pemilu dengan berkunjung langsung ke Oemah Pintar Pemilu,” tutur guru yang mengajar mapel PPKN. (Heri/Arga/McBatang)