Home / Berita / Teknologi / KPU BATANG PUNYA PUSAT EDUKASI PEMILU

Berita

KPU Batang Punya Pusat Edukasi Pemilu

Bupati Batang Wihaji Rabu, 4/10 secara resmi meresmikan Oemah pintar Pemilu dan Aplikasi Android Ciluba KPU yang berlangsung di Kantor KPU Kabupaten Batang.

Bupati Batang Wihaji mengtakan, Oemah pintar merupakan salah satu Media Center yang merupakan pusat Informasi dan pendidikan pemilih yang ada di Kabupaten Batang. Dan ini juga merupakan salah satu program percepatan pembangunan pada bidang Informasi sehingga bersinegri dengan Pemerintah daerah.

“ salah satu merupakan program pemerintah daerah meningkatkan dan mengoptimalkan teknologi untuk bisa melayani masyarakat termasuk KPUD, ini tentu sebuah karya inovatif dan kreatif dari KPUD Batang yang telah memberikan layanan informasi tentang demokrasi, karena demokrasi harus menjadi pemahaman bagi semua warga Kabupaten Batang.” Kata bupati Wihaji

Ia juga menuturkan Oemah pintar ini dan aplikasi Cilukba memberikan informasi data yang penting sekali bagi generasi muda terutama bagi pelajar, di sini juga di harapkan nantinya bisa menjadi pusat belajar bagi pelajar di Kabupaten Batang.

“ Akan kita himabu bagi sekolah – sekolah khususnya di mata pelajaran PPKN untuk belajar ke KPU. Disini bisa belajar dan melihat proses demokrasi di Indeonesia dan demokrasi di Kabupaten Batang, karna ini sangat penting untuk mengetahui sejarah demokrasi di Indeonesia.” Kata Bupati

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Joko Poernomo mengatakan, rumah pintar Pemilu memiliki tiga fungsi yaitu, sebagai tempat untuk mengedukasi masyrakat tentang pentingnya berdemokrasi serta menjadi tempat berkumpulnya pegiat pemilu, sekaligus untuk membuat dan menyususn gerakan – gerakan yang di perlukan. Dan oemah pintar tersebut di bisa menjadi musium demokrasi di Indeonesia.

“ Tiga fungsi ini kita harapkan di dapatkan dan memanfaatkan tempat yang sempit kita optimalkan sebagai saran edukasi proses demokrasi di Kabupaten Batang. Persemian Oemah Pintar Kabupaten Batang yang ke 31 se Jawa Tengah.” Kata Joko Poernomo

Di hrapkan juga oleh Ketua KPU Provinsi yang mengatakan, oemah pintar menjadi pusat pendidikan bagi pelajar sebagai pemilih pemula dan pelajar dapat bergiliran mengunjungi oemah pintar KPU. Karena selama ini Bangsa Indoenisa lupa mengajarkan kepada anak tentang sejarah dan ketatanegaraan bangsa Indonesia.

“ Untuk itu KPU mempersiapkan pada anak-anak pusat informasi demokrasi untuk mempersiapka pemilih pemula pada anak-anak.” Tandas Ketua KPU Provinsi Jateng

Sementara Ketua KPU Kabupaten Batang Adi Pranoto mengatakan., KPU Pusat membuat kebijakan agar seluruh provinsi dan Kabupaten untuk membuat Oemah pintar Pemilu sebagai sarana edukasi dan pelayanan bagi masyarakat untuk memperoleh informasi informasi dari demokrasi dan kepartaian.

“Oemah pintar sudah dibuat setengah tahun yang lalu karena belum diresmikan dan masih ada Pilkada Kabupaten Batang jadi rumah pintar baru dapat diresmikan pada bulan ini.”Kata Adhi Pranoto.

Di jelaskan oleh Adhi Pranoto Oemah pintar berfungsi untuk melayani masyarakat agar masyarakat memperoleh informasi baik itu dari sejarah pemilu, partai-partai yang pernah mengikuti pemilihan umum. Dalam rangka membangun sistem informasi kami juga membuat aplikasi pada Android yaitu Aplikasi Ciluba KPU.

“Aplikasi ini sudah dapat di unduh melalui Play Store pada android yang berisi informasi-informasi KPU, sehingga masyarakat tidak perlu ke KPU untuk memperoleh informasi, cukup melalui android.” Jelas Ketua KPU Kabupaten Batang

Selain itu juga kita membuat sarana Media Sosial tentang informasi pada KPU yaitu melalui Facebook, Twitter, Instagram, dan email untuk mempermudah masyarakat. (Edo/McBatang)