Layanan 112 Diskominfo Batang Jadi Rujukan Dinkominfo Demak
Batang - Kecepatan dan ketepatan menjadi kunci utama dalam melayani masyarakat, melalui Layanan Call Center 112 Dinas Kominfo Kabupaten Batang menjadikan Dinkominfo Kabupaten Demak termotivasi untuk mengadopsi prinsip itu, dengan berkunjung langsung ke Ruang Command Center Dinas Kominfo Kabupaten Batang, Selasa (8/9/2020).
Batang - Kecepatan dan ketepatan menjadi kunci utama
dalam melayani masyarakat, melalui Layanan Call Center 112 Dinas Kominfo
Kabupaten Batang menjadikan Dinkominfo Kabupaten Demak termotivasi untuk
mengadopsi prinsip itu, dengan berkunjung langsung ke Ruang Command Center
Dinas Kominfo Kabupaten Batang, Selasa (8/9/2020).
Kepala Dinkominfo Demak, Endah Cahyarini mengakui,
bahwa Diskominfo Batang dalam pelayanan informasi dan komunikasi lebih dahulu
dibanding Demak. Dari segi tipe Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun
Diskominfo Batang berada pada tipe B, sedangkan Demak tipe C, sehingga layak
untuk menjadi rujukan.
“Call Center 112 dari Diskominfo Batang kami
perhatikan berjalan dengan lancar hingga berhasil dilaunching, sedangkan
Dinkominfo Demak sedang berproses hingga akhir tahun 2020 dan direncanakan awal
tahun 2021 segera dilaunching,” katanya.
Pihaknya mengambil banyak pelajaran dari pelayanan
dan penanganan melalui Call Center 112 Diskominfo Batang. Bahwa ternyata
pemanfaatan Call Center 112 tidak hanya terfokus pada layanan kegawatdaruratan
saja, tetapi masyarakat pun membutuhkan berbagai informasi lainnya.
“Hal itu menjadi masukan bagi kami, bahwa petugas
Call Center pun harus paham apa yang terjadi di wilayah sekitarnya,” ujarnya.
Melihat perkembangan Call Center 112 di Batang,
ternyata terdapat informasi tentang penanganan Covid-19. Maka tenaga-tenaga
ahli kami pun harus mengadopsi pola-pola yang dilakukan Diskominfo Batang untuk
diaplikasikan di Dinkominfo Demak.
“Kami tidak bisa berprinsip seperti “Katak Dalam
Tempurung”, hanya puas dengan apa yang dipunyai. Artinya kami harus memiliki
respon yang sangat tinggi terhadap lingkungan,” tegasnya.
Tak hanya itu, Dinkominfo Demak juga terinspirasi
gerak cepat yang dimiliki Tim Media Center Diskominfo Batang. Sementara ini,
pihaknya hanya memiliki Tim Gerak Cepat yang melakukan peliputan apabila ada
informasi penting di lapangan.
“Sedangkan untuk kegiatan-kegiatan OPD, kami sudah
memiliki sejumlah admin yang tiap minggu memberikan informasi berbentuk rilis,
lalu dijumlah secara keseluruhan setiap bulannya bisa mencapai 2 ribu - 3 ribu
berita. Namun untuk pengelolaan kami perlu belajar dari Media Center Batang,
sehingga pengiriman berita ke Jatengprov.go.id dan Infopublik.id bisa setara
dengan Kabupaten Batang,” terangnya.
Ia mengharapkan, jika masing-masing Kabupaten/Kota
saling berbagi melalui kelebihannya tentu akan dapat memajukan Provinsi Jawa
Tengah dan Indonesia.
Sementara itu, Kepala Diskominfo Batang, Jamal Abdul
Naser mengatakan, Diskominfo selalu dengan tangan terbuka untuk saling berbagi
pengalaman, terutama sebagai referensi Dinkominfo Demak dalam mengembangkan
Layanan Call Center 112.
“Alhamdulillah Layanan Call Center 112 Kabupaten Batang
menempati urutan ke-4 setelah Kota Semarang, Grobogan dan Pekalongan,” ujarnya.
Menurutnya, Layanan Call Center 112 merupakan
peningkatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya kegawatdaruratan. Seperti
kejadian kebakaran, kesehatan bahkan yang berkaitan dengan Covid-19, masyarakat
dapat memanfaatkan Layanan Call Center 112.
Terkait kiprah Media Center di Infopublik.id, Jamal
membeberkan kiat-kiat menyampaikan informasi, memberdayakan tim yang memiliki
semangat tinggi.
“Tim Media Center Batang kadang-kadang peliputannya
hingga di luar jam kerja, jika tidak betul-betul mendalami tugasnya, tidak akan
berhasil. Alhamdulillah Batang berhasil memperoleh penghargaan untuk Media
Center Tingkat Daerah,” tandasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)