Launching Aplikasi E- Agenda pada Dislutkanak
Sebagai salah satu upaya untuk menciptakan terwujudnya tertib administrasi pengelolaan surat-menyurat dan tata usaha kearsipan pada Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang maka aplikasi E-Agenda sangat dibutuhkan. Hal ini seiring dengan semangat yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Batang yang sangat intensif dalam mengembangkan infrastruktur teknologi informasi sebagai pendukung keberhasilan implementasi e-government.
Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang, Bapak Achmad Taufiq, SP, M.Si saat memberikan sambutan dalam acara Launching Aplikasi E-Agenda pada Tanggal 23 Agustus 2017 di Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang yang dihadiri oleh seluruh pejabat eselon III, Eselon IV beserta seluruh staf Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang.
Aplikasi E-Agenda merupakan gagasan Proyek Perubahan dari Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang, Sdri. Laela Nurul Qomariyah, SE yang saat ini sedang melaksanakan tugas Diklat PIM Tingkat IV Angkatan CI Tahun 2017.
Aplikasi tersebut adalah sebuah aplikasi berbasis Web yang dapat diakses secara online via Laptop, Komputer PC maupun Handphone yang mempunyai akses internet. Aplikasi ini mengelola surat Masuk dan surat Keluar secara elektronik/online, dimana Surat baru yang masuk diolah secara elektronik oleh admin untuk segera ditindaklanjuti/di disposisi oleh Kepala Dinas kepada pejabat dibawahannya secara real time dimanapun Kepala Dinas berada.
Sedangkan untuk Surat keluar yang dibuat oleh admin pada masing-masing bidang dapat secara langsung diolah secara elektronik untuk selanjutnya diajukan kepada Kepala Dinas dan langsung mendapatkan persetujuan dengan ditandatangani secara langsung secara online walaupun Kepala Dinas tidak berada ditempat/di Kantor untuk selanjutnya dapat dikirim ke masing-masing tujuan secara online maupun manual (cetak).
Dengan fitur unggulan berupa tersedianya lembar halaman yang dapat secara langsung diakses oleh Kepala Dinas untuk memberikan disposisi berupa Tulisan tangan (handwriting) membuat aplikasi ini mempunyai nilai tambah, sehingga otentifikasi disposisi menjadi terjaga.
“Ke depannya aplikasi ini diharapkan dapat dikembangkan untuk kemudian dimanfaatkan oleh seluruh OPD di Kabupaten Batang, karena aplikasi ini sangat terbuka untuk dilakukan perbaikan-perbaikan positif” terang Project Leader Sdr. Laela Nurul Qomariyah, SE menutup acara launching. (Dislutkanak/McBatang)