Home / Berita / Pariwisata / DESA GEMUH MENGADAKAN FESTIVAL PISANG

Berita

Desa Gemuh Mengadakan Festival Pisang

Banyak cara untuk ikut memeriahkan Peringatan HUT RI ke 72 tahun 2017 ini. Berbagai kegiatan dan lomba diadakan sebagai bentuk rasa bangga dab suka masyarakat atas Kemerdekaan Indonesia.

Hal ini dilakukan juga oleh masyarakat Desa Gemuh Kecamatan Pecalungan Kabupaten Batang dengan mengadakan Festival Pisang dan karnaval minggu, 20 Agustus 2017.

Antusias masyarakat desa terlihat banyaknya masyarakat yang ikut dan menyaksikan festival dan Karnaval ini. Kegiatan Festival dan Karnaval ini yang ke tiga kalinya diadakan oleh Desa Gemuh sebagai wujud syukur masyarakat atas Kemerdekaan Indonesia ke 72 tahun. Festival ini diadakan untuk yang ketiga kalinya.

Ketiga kalinya ini kami mengadakan yang sebelumnya memang tidak ter ekspos keluar dan baru ini kami ekspos keluar bahkan Bapak Bupati Batang H. Wihaji berkenan hadir dan melepas karnaval serta ikut serta berjalan menyusuri jalan desa bersama masyarakat Desa Gemuh, ujar Panji Nugroho.

Banyak jenis pisang yang kami tampilkan, ini berkat masyarakat yang bersedia menyajikan pisang. Setiap rumah mengeluarkan satu pisang dan dipasang didepan rumah, jadi sepanjang jalan desa yang dilalui karnaval banyak berjajar pisang sehingga peserta bisa makan pisang yang telah dipajang di tepi jalan bahkan ada masyarakat yang menyiapkan minuman untuk peserta karnaval.

Pisang memang menjadi komoditas unggulan Desa Gemuh untuk itu dengan festival Pisang ini diharapkan Gemuh menjadi sentral dan penghasil pisang dan dikenal oleh daerah luar, imbuh panji.

Bupati Batang H. Wihaji mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas partisipasi masyarakat untuk ikut memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia.

Tentunya banyak dana yang dikeluarkan untuk pembuatan hiasan karnaval ini, tanda kesadaran dan keihklasan serta semangat kebersamaan tidak mungkin ini akan berjalan. Sebagai apresiasi saya akan menambah hadiah bagi juara yang menang dalam karnaval kali ini.

Bupati menambahkan Festival Pisang ini sangat bagus tapi bisa dikemas lebih bagus lagi dan bisa dikembangkan serta harus dipublikasikan sehingga festival ini bisa ditonton oleh masyarakat luar Desa Gemuh bahkan luar kabupaten.

Dan sebagai rasa terima kasih saya, serta keterikatan batin dengan Desa Gemuh saya akan membantu pembangunan desa tentunya melalui procedural dan semoga Desa Gemuh lebih dikenak lagi.

Mari kita membangun Batang bersama sama dengan Guyub rukun sehingga Kabupaten Batang lebih baik lebih dikenal lagi dan tentunya perkonomian meningkat, tandas Wihaji. (Dion/McBatang)