Home / Berita / Pembangunan / INFRASTRUKTUR JALAN ADALAH TUGAS DAN KEWAJIBAN PEMERINTAH

Berita

Infrastruktur Jalan Adalah Tugas dan Kewajiban Pemerintah

Tarawih Ukuwah menjadi program Pemkab Batang di bulan Ramadan yang dimanfaatkan sebagai ajang silaturrahmi dan sosialisasi program pemerintah. Tarawih kali ini merupakan putaran ketiga, dilaksanakan di Masjid Annah Rowi Desa Keputon Kecamatan Blado pada Jum'at (2/6). Seperti tarawih di putaran sebelumnya, pembangunan infrastruktur masih diharapkan oleh masyarakat saat mendapatkan kesempatan kunjungan Bupati yang baru dilantik 22/5.

"Kegiatan ini menjadi bagian program pemerintah di bulan Ramadan, disamping silaturahmi juga untuk menyampaikan visi misi kami yang akan direalisasikan dalam RPJMD lima tahun kedepan," kata Bupati Batang Wihaji saat memulai sambutannya.

Wihaji menyampaikan program unggulan yang akan masuk lima tahun kedepan yang antara lain santunan kematian bagi warga miskin, meningkatkan honor guru madin, wiyata bhakti, mobil layanan kesehatan untuk desa dan mencetak 1000 pemuda wirausaha yang akan diusahakan lima tahun kedepan dengan harapan dapat terealisi.

"Program prioritas yang akan kami laksanakan membuka potensi wisata alam yang ada di Batang. Selain mengembangkan wisata yang sudah ada juga akan membuka 1000 curug yang menjadi ikon wisata di Batang," kata Wihaji.

Wihaji optimis dengan semangat dan kerukunan masyarakat untuk membangun Batang dan didukung dengan kekayaan potensi alamnya akan mampu menjadikan Batang lebih maju dan masyarakat sejahtera.

"Kesejahteraan kita akan lebih baik akan hadirnya investor yang akan akan berinvestasi membangun industri seperti PLTU, garmen, dan lainya yang sudah mengantri akan dapat mengurangi pengangguran," kata Wihaji.

Camat Blado Sugeng Sugiharto menyampaikan bahwa pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan desa, jalan kabupaten dan jalan nasional menjadi sebuah harapan bagi masyarakat, karena jalan dibutuhkan lapisan masyarakat untuk mendukung kemajuan dan kesejahteraan ekonomi.

"Potensi wisata alam di Kecamatan Blado sangat butuh polesan dan campur tangan pemerintah sesuai dengan visi misi Bupati, seperti wisata religi Wonobodro, wanawisata Sikembang, taman bunga kristan yang semua itu butuh sentuhan dan dukungan sarana dan prasarana infrastruktur," pinta Camat Blado.

"Saya menyadari kerusakan jalan menjadi masalah bagi masyarakat, ini menjadi tugas dan kewajiban pemerintah membangun infrastruktur jalan yang merupakan akses penting untuk laju pertumbuhan ekonomi masyarakat," jelas Wihaji.

Ia mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur merupakan bagian dari kewajiban pemerintah dan tidak serta merta bisa dilaksanakan karena harus sesuai dengan aturan perundang-undangan. Mengenai terbatasnya anggaran maka perlu pemikiran serius untuk meningkatkan pendapatan asli daerah guna membangun infrastruktur.

"Kucuran dana desa dari pemerintah sudah mencapi 800 juta (rupiah) perdesa, kami harapkan desa untuk fokus infrastruktur jalan desa, kita juga akan fokus bangun jalan yang menjadi kewajiban kabupaten," pinta Wihaji kepada desa.

Tarawih Ukuwah putaran ketiga ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Batang Suyono, Ketua DPRD Imam Teguh Raharjo dan Kepala OPD. Dalam kesempatan tersebut Bupati Batang Wihaji menyerahkan bantuan kepada Tamir Masjid Annah Rowi Desa Keputon Kecamatan Blado. (Edo/McBatang)