Home / Berita / Pembangunan / PEMASANGAN GIRDER GANGGU JALUR PANTURA, PENGGUNA BISA LEWAT JALUR ALTERNATIF ATAU JALUR SELATAN

Berita

Pemasangan Girder Ganggu Jalur Pantura, Pengguna Bisa Lewat Jalur Alternatif Atau Jalur Selatan

Pembangunan jembatan flyover jalan tol di Kandeman, Kabupaten Batang masuk tahap pemasangan girder (balok jembatan) sepanjang 50,8 meter. Balok sebanyak 12 buah itu akan dipasang pada Kamis 25 Mei 2017 mendatang.

 

Kasat Lantas Polres Batang, AKP M. Adil Aristo mengatakan, pemasangan girder itu akan membuat arus lalu lintas di jalur pantura Batang akan terganggu, karena setiap girder yang dipasang membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

 

"Total 12 girder yang akan dipasang. Kalau ditotal waktu paling cepat selesainya delapan jam. Itu paling cepat," ujar Adil , Selasa  (23/5/2017).

 

Untuk sekali pasang tiga girder, Adil mengatakan, jalur pantura Batang akan ditutup total selama dua jam.

 

"Pemasangan tiga girder jalan akan ditutup dua jam dan dibuka lagi selama satu jam saat pengelasan. Lalu ditutup lagi dua jam untuk tiga girder selanjutnya hingga 12 girder semua terpasang," katanya.

 

Setelah kami melakukan peninjau lokasi untuk pengalihan arus, dari estimasi berdasarkan survey kami bersama  teknisi untuk pemasangan girder paling cepat  8 jam. karena dipastikan akan terjadi kemacetan pada hari Kamis terlebih itu hari libur dan menjelang akhir pekan, untuk itu  kami akan uraikankan kemacetan dengan pengalihan arus.  

 

“untuk pengalihan arus dari arah  Jakarta atau barat di pertigaan Samsat Batang atau Jl. Urip Sumoharjo belok kekiri atau masuk Jl. Sultan Agung ke Ujung Negoro dan tembus ke Desa Bakalan Tulis, untuk arah timur menuju arah barat atau dari Semarang ke arah Jakarta dari Tulis ke Selatan menuju ke Bandar yang tembus ke wonotunggal dan kembali ke  pantura Batang "  jelas Kasat Latans AKP M  Adil Aristo

 

Namun untuk jalur pengalihan arus yang dari arah barat ke timur hanya bisa di lalui untuk kendaraan umum atau ukuran kecil dan mini bus dan kendaraan Bus, tetapi untuk kontener di mungkinkan tidak bisa masuk dan harus menunggu atau parkir.

 

“Untuk kendaraan truk kontener di mungkinan tidak bisa melalui jalur pengalihan arus dan harus menunggu urai arus atau parkir setelah 100 menit, 20 sampai 40 menit akan kita cairkan kendaraan besar yang menunggu di jalur pantura,” Kata Adil Aristo      

 

Agar tidak terjebak kemacetan di pantura Batang, Adil menghimbau kepada pengendara yang hendak melintas di Kabupaten Batang agar memilih rute lain, dan tetap patuhi rambu – rambu lalulintas karena pengalihan jalur melalu jalan yang sempit.

"jangan ada saling mendahuli atau salip menyalip di jalur alternatif, patuhi rambu – rambu yang di sediakan, dan patuhi arahan petugas untuk demi kelancaran semua. Kalau bisa lewat jalur selatan agar tidak terjebak kemacetan," pungkasnya.

 

Untuk lebih mengamankan jalur alternatif dan pemasangan girder akan diterjunkan petugas kepolisian Polres Batang sebanyak 200 personil, dari Dinas Perhubungan Kabupaten Batang satu Pleton, dari PT. Waskita Karya, dan dari TNI, Satpol PP, dan dari perangkat desa yang di lalui pengalihan arus.  (Edo/Humas)