Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / TINGKATKAN KUALITAS, NU CARE LAZISNU PEKALONGAN SAMBANGI LAZIS NU BATANG

Berita

Tingkatkan Kualitas, NU Care Lazisnu Pekalongan Sambangi Lazis NU Batang

Batang – Nahdlatul Ulama (NU) Care Lazisnu Kota Pekalongan, melakukan kunjungan kerja atau studi banding ke Kantor Lazis NU PCNU Kabupaten Batang di Jalan Ahmad Dahlan, Kabupaten Batang, Minggu (5/5/2019).

Kegiatan tersebut diawali dengan sharing pengalaman dari Lazisnu Batang, seperti melakukan perencanaan strategis, membuat program, sampai upaya menjalankan program. 

Dalam paparan tersebut, NU Care Lazisnu Kota Pekalongan tertarik dengan program Lazisnu Batang berupa Program pengadaan Mobil Layanan Umat. 

Ketua NU Care Lazisnu Kota Pekalongan, Abdul Basir mengatakan kunjungan ini dimaksudkan untuk menimba ilmu ke PCNU Batang khususnya ke Lazisnu Batang, tentang bagaimana mengelola lembaga Lazis. 

 "Karena kami mendengar Lazisnu Batang sudah cukup maju dalam pengelolaannya, terutama  pengadaan mobil layanan umat yang menurut kami sangat mendesak kebutuhannya," ucapnya. 

Ia menuturkan mobil layanan umat perlu digalakan, pasalnya untuk Kota Pekalongan saat ini bencana banjir dan rob masih seringkali terjadi. Sehingga, perlu pelayanan untuk umat yang bersifat mobile. 

"Kita belajar di sini bagaimana cara untuk mengelola dana umat agar benar-benar bermanfaat untuk umat," tuturnya. 

Basir mengakui pengurus NU Care yang dipimpinnya beranggotakan wajah-wajah baru. Maka, ingin belajar banyak ke Lazisnu Batang, sebab menurutnya di Batang sudah bagus dari manajemen, profit dan asetnya. 

"Bahkan Lazisnu Batang di setiap ranting dan MWC sudah jalan, maka kita belajar ke sini," ujarnya. 

Ketua NU Care Lazisnu Kabupaten Batang M. Masykuri mengatakan pengurus Lazisnu Batang memulai kegiatan organisasi dengan menganggap apa yang telah diberikan adalah amanah dari NU. 

Dalam menjalankan berpedoman pada ibda’ binafsik atau mulailah dari diri kamu sendiri, lanjutnya, ketika diberi amanah selalu yakin dan berusaha berangkat dari diri kami sendiri. Adakalanya memang selalu tidak mulus, tetapi terus berusaha untuk memperbaiki sesuai dengan hasil perencanaan. 

Menurut Masykuri mobil layanan umat berfungsi untuk antar jemput pasien, kegiatan sosial, dan Siaga Bencana. Mobil layanan umat, direalisasikan melalui Gerakan NU Peduli Umat, warga bisa menyalurkan Infaq dan Shodaqoh ke rekening BRI 0156-0100-9247-53-9 atas nama Upzis Lazisnu Batang. 

"Kita sudah punya empat mobil pelayanan umat di Ranting Sempu, Ranting Subah, Ranting candi dan MWC wonotunggal," tandasnya. (MC Batang, Jateng/Iwan)