Home / Berita / Pemerintahan / PJ BUPATI BATANG SISWO LAKSONO SIDAK DI DPMPTSP SEPARUH ASN BELUM HADIR

Berita

Pj Bupati Batang Siswo Laksono Sidak di DPMPTSP Separuh ASN Belum Hadir

Pj. Bupati Batang Siswo Laksono pada hari Rabu pagi pukul 07.00 WIB melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker). Dalam inspeksi tersebut Pj Bupati mengambilalih apel Aparatur Sipil Negara (ASN) yang datang terlambat.

Siswo Laksono menyampaikan bahwa mengadakan sidak ke kantor-kantor OPD (Organisasi Perangkat Daerah) untuk mengetahui lebih jauh kesiapan-kesipan ASN yang bekerja di Dinas, Badan, dan Kantor serta Kecamatan di lingkungan Kabupaten Batang. Hasilnya terbukti ada separuh lebih personil ASN yang bekerja di DPMPTSP dan Naker belum ada di kantor padahal seharusnya sudah ada di kantor untuk melakukan apel pagi.

“Apel pagi merupakan bagian dari bekerja, maka jam 7 mereka harus hadir di Kantor tapi kenyataaanya separoh belum pada hadir. Merupakan pembelajaran bagi ASN untuk bisa menyesuaikan diri terhadap aturan-aturan jam kerja yang ada di masing-masing OPD, sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa terlayani secara optimal dan prima,” kata Pj Bupati Batang saat inspeksi mendadak. 

“Kalau ASN nya tidak dispilin dan tidak bertangungjawab atas pekerjaanya secara otomatis akan mengganggu pelayanan terhadap masyarakat dan melalui sidak ini semoga ada perubahan-perubahan,” jelas Pj Bupati.

Disampaikan juga oleh Pj Bupati Siswo Laksono yang telah melihat secara detail kantor pelayanan tersebut yang mengatakan, "Saya lihat ada beberapa perijinan, namun SOPnya (Standar Operasional Prosedur) belum semua terpampang di depan. Ini harus ada perbaikan-perbaikan kedepan sehingga masyarakat tahu apa persayaratan dan kapan perijianan bisa selesai".

Dalam sidaknya Pj. Bupati juga menyoroti Kantor DPMPTSP dan Naker yang belum mempunyai tempat dan sarana untuk penyandang cacat atau disabilitas.

Kepala DPMPTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Batang Sri Puwaningsih menyambut baik sidak tersebut sebagai shock therapy bagi jajaran dan staf yang ada di kantornya sehingga bisa bekerja disiplin karena apel pagi juga bagian dari bekerja dan tangung jawab sebagai ASN. 

"Untuk personil ASN yang ada di dinas kami ada 42 orang, ada tiga orang yang ikut diklat dan juga ada yang ijin sakit. Yang tidak ikut apel pagi sudah saya panggil untuk di berikan pembinaan,” Jelas Sri Purwaningsih.

Sri Purwaningsih menambahkan terakit dengan kekurangan SOP perijinan di DPMPSTP dan Naker akan secepatnya akan dilengkapi untuk SOP perijinanya dan juga sarana disabilitas segera kami laksanakan dan rencananya juga kita akan membuat ruang untuk ibu menyusui.

Tim Reportase :
Rilis : Edo Solihun

Editor : Lukman Hadi Lukito