Home / Berita / Pemerintahan / PEMKAB BATANG JALIN KERJASAMA DENGAN PEMKAB. NGADA

Berita

Pemkab Batang Jalin Kerjasama Dengan Pemkab. Ngada

Pemerintah Kabupaten Batang kembali menerima kunjungan dari pemerintah kabupaten/kota lain. Kali ini kunjungan berasal dari Pemkab Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kunjungan ini dalam rangka kerjasama bidang pemerintahan, kerena Pemkab Batang dalam keterbukaan anggaran dianggap bagus.

"Kerjasama ini sebagai sarana saling sharing dan jalin informasi tentang Pemerintah Kabupaten Ngada memandang Pemkab Batang yang selama ini telah menerapkan manajemen pemerintahan dengan elektronik antara lain e-budgeting, e-planning, LPSE, Simpeg dan lainya. Saya ingin jalin kerjasama dan akan saya mencoba menerapkannya di Pemkab Ngada. kita akan mencoba e-budgeting dan e-planing," terang Marianus Sae selaku ketua rombongan Kab. Ngada dan Bupati Ngada.

Pemkab Ngada mengunjungi Kabupaten Batang selama dua hari dari tanggal 3-4 Mei 2017. Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemkab Batang dengan Pemkab Batang diadakan di Aula Kantor Bupati Batang dengan disaksikan oleh para kepala OPD terkait, Kamis (4/5).

Pj. Bupati Batang Siswo Laksono menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Batang sudah menggunakan sistem manajemen pemerintahan elektronik dari perencanaan hingga monitoring dan evaluasi penggunaan anggaran. Selain itu juga berinovasi untuk keterbukaan informasi dengan mengadakan Festival Anggaran sehingga masyarakat dapat mengetahi anggaran yang dikelola Pemkab Batang.

"Sebagai contoh salah satu keterbukaan dalam anggaran kepada publik, kita mengadakan festival anggaran dimana masyarakat bisa mengetahui anggaran di Pemkab Batang. Pemkab batang sudah menerapkan beberapa manajemen pemerintahan menggunakan elektronik antara lai : e-planing, e-budjeting, Simpeg, Simda, LPSE. Semua itu dilakukan guna ketermudahan dalam pengelolaan pemerintahan. Batang siap menjalin kerjasama dengan pemerintah kabupaten lain bahkan Kabupaten Batang juga mengadakan study banding dengan kabupaten lain yang lebih maju demi Kabupaten Batang demi makin Pemerintahan yang bersih dan terbuka, tandas Siswo Leksono Pj.

Tim Reportase :
Rilis : Murdiono
Editor : Lukman Hadi Lukito