Home / Berita / Pemerintahan / PJ. BUPATI SISWO LAKSONO SARANKAN KUD NGUPOYO MINO UNTUK EFISIENSI BIAYA OPERASIONAL

Berita

Pj. Bupati Siswo Laksono Sarankan KUD Ngupoyo Mino Untuk Efisiensi Biaya Operasional

Rapat Anggota Tahunan ini mutlak diselenggarakan, karena merupakan Badan Tertinggi dari koperasi, dimana di dalamnya merupakan pertanggungjawaban pengurus dalam satu periode jabatan.

Hal tersebut disampaikan Pj. Bupati Batang Siswo Laksono saat membuka RAT KUD Ngupoyo Mino berlangsung di Kantor KUD Ngupoyo Mino Desa  Karangasem Utara Sabtu, 29/4.

"Koperasi Unit Desa ( KUD ) Ngupoyo Mino sebagai koperasinya nelayan harus melaksanakan RAT sebagai cerminan koperasi yang benar-benar baik, sehat dan bertanggung jawab", Jelas Pj Bupati Siswo Laksono.

Di dalam RAT Pengurus wajib melaporkan kinerja serta hasilnya dalam menjalankan organisasi dan anggota akan mengevaluasinya, keberadaan koperasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat, Karena dengan sistem ekonomi koperasi, dimana azas kekeluargaan lebih dikedepankan, koperasi akan mampu memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh anggotanya, sehingga kesejahteraan anggota menjadi prioritas utama koperasi.

"Saya lihat untuk KUD Ngupoyo Mino dari jasa usaha untuk operasional masih cukup tinggi sekitar 45%, dari pendapatan Rp 350 juta untuk operasional Rp 163 juta, kami harap dapat ditekan dan diefisienkan sehingga keuntungan yang didapat akan lebih banyak", Saran Siswo Laksono.

Ketua KUD Ngupoyo Mino Acmad Syofa, saat memberikan laporanya dihadapan angota koperasi pada Rapat Anggota mengatakan dalam rapat tersebut mengharapkan masukan kritikan yang sifatnya membangun perkembangan KUD. Rapat Akhir Tahunan yang berhasil mengumpulkan Sisa Hasil Usaha ( SHU) pada tahun 2015 sebesar Rp 9 juta dan pada tahun 2016 sesuai Rencana Anggaran Belaja ( RAB ) sebesar Rp 12 juta, dan pada tahun ini SHU mencapai Rp 31 juta di tambah Kas Rp 42 juta

"KUD saat sekarang memiliki uang mencapai Rp 72 juta, dan aset sudah di nikmati dan dikelola oleh  KUD seperti SPBB ( Stasiun Pengisian Bahan Bakar  Banker) yang setahun mangkrak", Kata Ahmad Syofa.

Rilis : Edo Solihun