Home / Berita / Pemerintahan / PEMERINTAH KABUPATEN BATANG MENERIMA PENGHARGAAN DARI USAID

Berita

Pemerintah Kabupaten Batang Menerima Penghargaan dari USAID

Pemerintah Kabupaten Batang telah bermitra dengan USAID Prioritas sejak 1 Mei 2012. Pada kegiatan pertemuan Penutupan Program USAID Prioritas di Aula Kantor Bupati Batang Rabu (26/4), Asisten I Sekda Batang Retno Dwi Irianto menyampaikan ucapan terimakasih atas kemitraan dan permohonan maaf atas kekurangannya kepada Direktur Program USAID Prioritas.

"Pemerintah Kabupaten Batang megucapkan terima kasih kepada Direktur Program USAID Prioritas yang telah menunjuk Kabupaten Batang sebagai mitra selama 5 (lima) tahun sejak 1 Mei 2012 sampai dengan 30 April 2017. Mohon maaf atas semua kekurangan kami dalam bekerjasama selama ini ujar Retno Dwi Irianto Asisten I Sekda Batang yang mewakili Pj Bupati Batang Siswo Laksono yang tidak bisa hadir secara pribadi dikarenakan ada tugas di Jakarta", kata Retno.

Dengan bermintra dengan USAID Prioritas, sekolah-sekolah di Kabupaten Batang mencapai perubahan dan kesuksesan dalam peningkatan kualitas. "Banyak perubahan dan kesuksesan yang sudah dicapai sekolah-sekolah dengan menjadi mitra USAID Prioritas utamanya dalam kegiatan pembelajaran, yaitu, mewujudkan kelas pembelajaran yang lebih menarik, relevan dan efektif. Kemudian sebagai peningkatan kualitas pembelajaran dengan menerapkan active learning, sehingga pembelajaran tidak monoton. Serta Hasil praktik yang baik, yang terkait dengan pengelolaan sekolah dan pembelajaran yang baik, yang dilakukan guru pada sekolah mitra berdampak pada kualitas pembelajaran sekaligus berdampak pada kualitas pendidikan di Kabupaten Batang", kata Retno.

Retno menambahkan "Selain itu, tata kelola sekolah yang baik juga merupakan langkah perubahan yang berkelanjutan, yaitu pertama mewujudkan manajemen sekolah lebih partisipatif dan akuntabel serta terfokus peningkatan mutu pembelajaran. Kedua peningkatan kualitas manajemen pendidikan khususnya pengelolaan pengembangan profesi guru. Ketiga, penataan dan pemerataan guru dilakukan dalam rangka mewujudkan layanan yang berkualitas. Keempat, meningkatnya peran serta masyarakat terutama pemberdayaan Komite Sekolah dalam rangka pengembangan sekolah".

Nurcolis selaku Koordinator Provinsi Jawa Tengah Usaid Prioritas mengatakan, "Setelah program USAID ini selesai ada beberapa program yang masih bisa dikerjasamakan khusus untuk sektor pendidikan ada program pendidikan menengah khususnya operasional yakni kerjasama dengan SMK. Kemudian kerjasama pendidikan lainnya yaitu untuk peningkatan kapasitas droop out dari SMP, SMA, SMK yang berpotensi jadi penganggur besok akan ada program peningkatan ketrampilan agar jangan sampai tidak sekolah dan tidak mendapat pekerjaan. Nurcolis menambahkan selain pendidikan juga ada sektor kesehatan ibu dan anak, dan juga kesehatan lingkungan dan sanitasi kaitanya dengan air yaitu dinamakan program IUWASH (Indonesian Urban Water Sanitation and Hygiene)".

Harapannya dukungan kerjasama kedua belah pihak antara USAID Prioritas dan Pemerintah Kabupaten Batang ini bisa berjalan dengan baik sehingga bisa memberikan manfaat pada perkembangan kemajuan dan pembangunan di Kabupaten Batang", tandas Nurcolis.

Pada kesempatan tersebut Koordinator Provinsi Jawa Tengah USAID Prioritas Nurcolis memberikan piagam penghargaan kepada pemerintah kabupaten batang yang di terima oleh Asisten I Sekda Batang Retno Dwi Irianto, yakni Kabupaten Batang sebagai mitra USAID Prioritas dalam meningkatkan akses pendidikan dasar yang berkualitas dalam pembelajaran manajemen berbasis sekolah dan budaya baca. dan juga kepada kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Batang Rahmat nurul Fadila.

Tim Reportase :
Rilis : Herry Iwan Jaya
Editor : Lukman Hadi Lukito