Home / Berita / Pemerintahan / PENGUATAN PPID SEBAGAI PENYAMPAI INFORMASI PUBLIK

Berita

Penguatan PPID Sebagai Penyampai Informasi Publik

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sebagai penyampai informasi kepada public saat ini sangat penting peranannya. Maka perlu ada penguatan peran dan fungsi PPID yang bertjuan agar  seluruh instansi pemerintah  menjadi PPID pembantu guna menyampaikan informasi kepada public. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang bidang Informasi dan Komunikasi Publik mengadakan rapat koordinasi untuk memperkuat peran dan fungsi PPID. Sebagai pemateri Kepala Diskominfo Drs. Jamal Abdul Naser, .M.M didampingi Puji Setyowati, SH  dan dhadiri oleh seluruh instansi pemerintah daerah pada Jum’at (21/4) di aula Bappeda Kab. Batang.

“Sikap kita sebagai kepala OPD harus baik dalam setiap menyambut dan  menyampaikan informasi kepada public. Sebagai PPID pembantu harus dibentuk kelembagaan untuk mempermudah menyampaikan informasi kepada public,” terang Jamal.

Menurutnya, dalam menyampaikan informasi kepada public tidak hanya melalui email dan internet saja, instansi pemerintah daerah dapat ikut menyampaikan informasi melalui media radio Abirawa FM sebagai LPPL dibawah koordinasi Diskominfo. Diharapkan apabila ada informasi yang penting dapat  disampaikan melalui siaran langsung/tidak langsung maupun dalam bentuk iklan layanan masyarakat di radio Abirawa.

Jamal menambahkan penyampaian informasi public harus segera dipenuhi oleh seluruh instansi pemerintah daerah. Dan diharapkan adanya sinkronisasi antara PPID utama dengan PPID Pembantu di Pemerintah Kabupaten Batang.

Menurut Puji Setyowati,  PPID memiliki beberapa agenda yang secara rutin dilaksanakan untuk menguatkan peran dan fungsinya dalam menyampaikan informasi kepada public.

“PPID memiliki beberapa agenda yang secara rutin dilaksanakan seperti pelayanan informasi public, rakor PPID, rapat teknis pelayanan keterbukaan informasi tingkat pusat, provinsi dan lembaga. PPID juga mempunyai media radio Abirawa FM untuk mensosialisasikan semua bentuk informasi yang dapat disampaikan kepada public, baik dalam bentuk pemutaran iklan layanan masyarakat (ILM) maupun dialog interaktif yang selama ini sudah dilakukan,” ujar Puji.

PPID  di tahun 2014 yang saat itu termasuk dalam Dishubkominfo mendapat penghargaan sebagai badan public terbaik, mengharapkan keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan pembangunan Batang melalui keterbukaan informasi public. Hingga saat ini dinas terkait dari luar kota masih banyak yang melakukan studi banding berkaitan peran dan fungsi PPID. (Heri/MC)