Home / Berita / Kegiatan Keagamaan / WUJUDKAN GENERASI YANG TANGGUH DAN BERAKHLAK MULIA

Berita

Wujudkan Generasi yang Tangguh dan Berakhlak Mulia

Emansipasi wanita sudah menjadi harapan setiap kaum wanita dari jaman dahulu hingga sekarang. Di era modern seperti saat ini hampir semua pekerjaan yang dulu hanya dilakukan oleh kaum pria, kini kaum wanita pun dapat melakukannya. Namun hal tersebut tidak akan pernah terwujud apabila tanpa ada perjuangan RA Kartini, pahlawan bagi kaum wanita pada masanya. 

Pj. Bupati Batang Siswo Laksono, SH, MKn dalam Hari Kartini ke-138 selaku inspektur upacara mengatakan, “Kartini adalah pendobrak yang memperjuangkan kaum wanita pada masanya”, Jum’at (21/4) di Pendopo Kantor Bupati Batang.

Upacara Hari Kartini ke - 138 kali ini mengusung tema “Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga Dalam Mewujudkan Genersi Yang Tangguh Dan Berakhlak Mulia”. Hadir dalam upacara tersebut seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kapolres Batang AKBP. Juli Agung Pramono, Kodim 0736 Batang yang diwakili Kapten Inf. Kuryadi serta para anggota tim penggerak PKK.

“Sekolah Kartini dibentuk oleh RA Kartini atas dukungan sepenuhnya dari Sang suami Raden Adipati Joyodiningrat. Harapannya agar Kartini memberi motivasi bagi kaum wanita yang berkarya bersama suaminya supaya terwujud keluarga yang sejahtera,” ujar Siswo.

RA. Kartini hadir di tengah – tengah kaum wanita Indonesia yang di kala itu masih terbelenggu oleh adat yang mengharuskan mereka hanya melakukan pekerjaan rumah tangga saja, tanpa ada keahlian lainnya. Kartini merasa tersentuh sehingga bertekad untuk mendirikan sekolah bagi kaum wanita di pendopo Kabupaten Jepara. Berkat dukungan dari Raden Adipati Joyodiningrat sekolah tersebut dapat menjadi tempat menggali potensi yang selama ini terpasung.

Siswo menambahkan cita-cita Kartini adalah agar dapat memperjuangkan emansipasi wanita yang setara dengan kaum pria. Namun tetap ada batasan tertentu yang tidak melupakan kodratnya sebagai istri dan ibu bagi putra-putrinya.

Tim Reportase :
Rilis : Heri Krisyanto