Home / Berita / Pemerintahan / KPU DINILAI SUKSES DALAM PENYELENGGARAN PILKADA BATANG 2017

Berita

KPU Dinilai Sukses Dalam Penyelenggaran PILKADA Batang 2017

Batang - “Secara umum pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Batang berjalan sukses, baik, aman dan lancer. Hasil perolehan Pilkada di Kabupaten Batang bisa dibilang unik karena nomor urut sama dengan perolehan suaranya. Dari empat pasangan, satu calon memperoleh suara lebih dari 50%,”kata Plt. Bupati Nasikhin saat menjadi Narsumber Forum Grup Discussion Evaluasi Penyelenggara Pilkada Batang 2017 dengan pihak eksternal yang berlangsung di Hotel Dewi Ratih, Rabu (12/4).

Dalam kesiapan penganggaran, KPU sigap dalam pengajuan proposal pelaksanaan pilkada sehingga tidak ada masalah dan bisa tercukupi. SDM penyelenggara KPU sudah ada sebelum Pilkada, Dari persiapan, tahapan dan pelaksaanan Pilkada telah berjalan sesuai aturan penyelenggara undang–undang Pilkada.

“Untuk pertanggung-jawaban keuangan tingkat akuntabilitasnya bagus. Hal itu dibuktikan dari pihak KPU dalam membuat laporan tertulis terkait dengan penggunaan Pilkada 2017. Dengan dana 25 M rupiah sudah disiapkan laporan pertanggung-jawaban dengan tranparan,” jelas Nasikhin.

Karena proses tahapan Pilkada sudah berjalan dengan baik begitu juga dengan hasil Pilkada telah terpilih Bupati dan Wakilnya tanpa ada masalah, semoga pilihan masyrakat Kabupaten Batang bisa mengasilkan Bupati dan Wakilnya lebih baik lagi untuk lima tahun kedepan.

Dosen UNIKAL, Achmad Suharto, SH, MH, yang juga menjadi narasumber dalam diskusi tersebut juga mengatakan, tingkat partisipasi pemilih pada pilkada tahun 2017 cukup tinggi yaitu sebesar 74%. Hal ini menunjukan tingkat kesadaran masyarakat dalam memilih pemimpin sangat bagus dan dari 1338 TPS, secara umum tidak ada permasalahan yang krusial, dan berjalan dengan baik. KPUD Kabupaten Batang, berhasil melaksanakan regulasi Pilkada yang berubah cukup cepat dan ketat. Sosialisasi yang diadakan KPUD sudah baik dan maksimal.

”Namun dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, perlu lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan sosialisasi. Khususnya perhatian lebih bagi pemilih pemula,” kata Achmad.Ketua KPU Kabupaten Batang Adi Pranoto mengatakan, Pelaksanaan Pilkada Batang bisa berjalan lancar aman dan kondusif itu semua tidak lepas dari peran dari berbagai pihak terutama pihak kepolisan dan TNI yang telah mengamankan Pilkada.

“Saya meyakinkan tanpa peran semua pihak Pilkada tidak bisa berjalan lancar. Meskipun pelaksanakan Pilkada Batang berjalan aman dan lancar, namun kita juga tetap membutuhkan masukan dan kritikan dalam rangka perbaikan proses tahapan agar kedepan bisa lebih baik lagi. Harapan kami dengan forum ini mendapatkan masukan dari berbagai pihak yang hadir, agar pelaksanaan pilkada bisa lebih baik dan secara internal akan kita tindak lanjuti terkait dengan regulasinya,” kata Adhi Pranoto.

Tim Reportase :
Rilis : Edo Solihun
Editor : Novia Ekawati Tama