Home / Berita / Pemerintahan / FORUM OPD : RENCANA KEGIATAN PEMBANGUNAN TIDAK BOLEH TUMPANG TINDIH DI OPD

Berita

Forum OPD : Rencana Kegiatan Pembangunan Tidak boleh Tumpang Tindih Di OPD

Batang - Forum Organisasi Perangkat Daerah yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Batang Selasa 14/3/17, kegiatan tersebut sebagai ajang usulan rencana program pembangunan Infastruktur Pengembangan Wilayah Tahun 2018.

Plt. Bupati Batang Nasikhin mengatakan, "Forum Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Batang tahun 2017 jangan dijadikan kegiatan rutinitas saja, tapi kegiatan ini sebagai amal jariah kita yang manfaatnya akan terus berjalan dan di manfaatkan oleh masyarakat".

"Kegiatan ini sebagai ajang usulan rencana pembangunan Tahun 2018 dengan mensinkronkan masing masing opd, sehingga rencana tersebut dapat tepat sasaran dan tidak ada yang tumpang tindih dengan OPD yang lain serta sesuai dengan tupoksi dan kewenanganya." kata NasikhinDitegaskan juga oleh Plt Bupati, Sinkronisasi sangat penting karna hal ini sangat dapat menghemat anggaran, sehingga program pembangunan bisa tepat sasaran dengan efektif, efisien dan ekonomis.

"Dalam usulan program kegiatan pembangunan juga harus di sesuaikan dengan perencana difenisisubstansi perencanan visi misi Bupati terpilih, rencana kegiatan provinsi dan kegiatan nasional dan indikatornya harus jelas, dengan melihat dimensi substansi, dimensi waktu, dimensi Prediksi kemampuan anggaran." Kata Nasikhin.

Ketua DPRD Kabupatn Batang Mengatakan, Forum OPD merupakan tahapan rencana program pembangunan yaang harus di lalui, sehingga jangan bosan dengan kegiatan ini karena ini aturan yang harus di lalaui. “ kalau kegiatan ini tidak di lalui atau dilaksanakn malah akan jadi masalah”. Kata Imam Teguh Raharjo.

Ketua DPRD juga memberkan saran kepada OPD yang hadir agar dalam mengusulkan rencana kegiatan pembangunan, seharusnya bisa memisahkan antara kegiatan yang bisa dibiayai oleh APBD dengan Dana Desa.

“Karena domain APBD dengan Dana Desa harus dipisahkan sehingga Dana Desa bisa optimal di tingkat Desa, karena nantinya dana desa sangat besar sehingga ada kesinambungan sinergi”. Kata Imam Teguh Raharjo.

Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Kabupaten Batang Sabino Suwondo menyampaikan bahwa forum OPD bertujuan untuk mensinkronkan prioritas pembangunan dari berbagai Kecamatan dengan Rancangan Rencana Kerja Organisasi Perangkat Daerah (Rancangan Renja OPD), Menetapkan prioritas kegiatan yang akan dimuat dalam Rancangan Renja OPD.

Menyesuaikan prioritas Rancangan Renja OPD dengan plafon/pagu dana OPD yang termuat dalam prioritas Pembangunan Daerah dalam Rancangan RKPD, mengidentifikasi keefektifan berbagai regulasi yang berkaitan dengan fungsi OPD, terutama untuk mendukung terlaksananya Rencana Kerja OPD. (edo)