Home / Berita / Pemerintahan / DATA MENENTUKAN ARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN

Berita

Data Menentukan Arah Perencanaan Pembangunan

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab Batang, Drs. Retno Dwi Irianto, M.M. membuka kegiatan Sosialisasi Penerbitan dan Publikasi Kabupaten Batang Dalam Data dan Kecamatan di Wilayah Kabupaten Batang Dalam Data Tahun Data 2016 di Aula Setda (27/2).

Dalam sambutannya, Retno menyampaikan bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) baru dibentuk pada tahun ini (2017). Kehadiran Diskominfo ini sangat penting untuk menyebarluaskan data, informasi dan memperkuat kepentingan pembangunan.

“Data dan informasi itu beda, data diolah menjadi informasi yang bermanfaat bagi pemerintah. Manfaat informasi diantaranya untuk menentukan jenis kegiatan, menentukan metode, menentukan lingkup kegiatan, untuk siapa dan apa yang menjadi target kegiatan. Menentukan seberapa lama waktu yang dibutuhkan, menentukan kapan kegiatan dimulai sehingga tidak menumpuk pada akhir tahun, seberapa besar anggaran yang dibutuhkan, dan menentukan siapa yang paling bertanggungjawab sesuai dengan tupoksi dan kompetensi,” sambung Retno.

Retno Berharap Diskominfo dapat mengkawal paradigma kedepan untuk mengupdate data yang dapat digunakan dalam menentukan kebijakan menentukan tata kelola pemerintahan yang baik.

Sekretaris Diskominfo, Ir. Totok Subiyanto, M.M. mewakili Kepala Diskominfo yang bertugas di luar kota, menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini yaitu sebagai bahan monitoring pelaksanaan pembangunan yang sedang dilaksanakan. Bahan evaluasi pelaksanaan pembangunan yang telah dicapai, dan sebagai bahan perencanaan pelaksanaan pembangunan yang akan dilaksanakan.

Dalam kegiatan ini Diskominfo Batang menghadirkan Kepala BPS Kabupaten Batang Fenny Susanto, S.Si sebagai narasumber. Fenny memaparkan bahwa statistik berdasarkan UU No.16 Tahun 1997 terbagi menjadi 3 macam, yaitu statistik dasar, statistik sektoral, dan statistik khusus.

“Diskominfo yang memiliki tugas dan fungsi statistik termasuk dalam jenis statistik sektoral, yaitu statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan”, kata Fenny.

Penyampaian materi dari BPS Kabupaten Batang dilengkapi oleh Iqbal, Kasi Integrasi, Pengolahan Data, dan Desiminasi Statistik yang menjelaskan tentang kestatistikan dan penyusunan publikasi. Di akhir paparannya disampaikan juga bahwa pengolahan data kedepan menuju satu publikasi/satu data.

Sebelumnya BPS dan Bappeda bekerjasama dalam penggunaan data untuk perencanaan pembangunan, sekarang ini tugas dan fungsi statistik berada pada Diskominfo sehingga diharapkan dapat mengawal integrasi data dari lintas OPD. (luck)