Home / Berita / Pemerintahan / SETIAP OPD HARUS PUNYA INOVASI

Berita

Setiap OPD Harus Punya Inovasi

Dengan perkembangan teknologi dan kewajiban meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat maupun sistem pelayanan maka setiap institusi dituntut untuk memberikan pelayanan yang ramah, cepat, tepat dan mudah diakses oleh masyarakat.

Untuk itu setiap institusi maupun OPD di Pemerintah Kabupaten Batang dituntut untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam bidang pelayanan publik. Hal ini menjadi terobasan dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk mendorong tumbuhnya inovasi-inovasi baru, Pemerintah Kabupaten Batang melalui Bagian Organisasi Setda Kabupaten Batang mengadakan Sosialisasi Inovasi Pelayanan Publik di Aula Kantor Bupati Batang, 22/02/2017.

Menurut Kepala Bagian Organisasi Dra. Suci Larasati, MSi, dasar penyelenggaraan ini adalah Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN dan RB serta program kerja Bagian Organisasi tentang Analisa Pelayanan Publik. Sedangkan tujuan dari penyelenggaraan sosialisasi ini adalah untuk mendorong pelayanan publik di Kabupaten Batang, mendorong pengembangan dan transfer inovasi pelayanan publik serta meningkatkan pelayanan publik.

Setelah sosialisasi selesai, masing-masing OPD diharapkan bisa memunculkan inovasi dalam pelayanan public, Sehingga Kabupaten Batang bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Tidak hanya itu, inovasi ini akan diikutsertakan dalam lomba tingkat nasional melalui Bagian Organisasi.

Untuk memunculkan inovasi baru, Suci Larasati mengharapkan para peserta bisa berpedoman pada prinsip ATM, yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi.

“Amati dimaksud adalah kita bisa mengamati dan memperhatikan pelayanannya. Tiru dalam pelayanan artinya kita boleh meniru kegiatan yang ada walau itu dari daerah sekitar dan yang terpenting adalah memodifikasi pelayanan tersebut dalam instansi dan menyesuaikan keadaan,” tandas Suci.

Hadiri sebagai nara sumber adalah Asisten III Bidang Adminitrasi Drs. Ripyono dan Dra. Suci Larasati, MSi Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Batang dengan peserta dari OPD dilingkungan Pemkab Batang. (Dion)