Home / Berita / Kesehatan / SIAP LAYANI PEMUDIK, DINKES CEK POSKO KESEHATAN

Berita

Siap Layani Pemudik, Dinkes Cek Posko Kesehatan

Batang - Menjelang libur lebaran 2025, Dinas Kesehatan (Dinkes) Batang mulai melaksanakan pemantauan terhadap 7 posko kesehatan di sejumlah titik jalur tol maupun Pantura. Pemantauan dilakukan untuk memastikan kesiapan petugas dan sarpras obat-obatan untuk melayani pemudik yang melintas.

Batang - Menjelang libur lebaran 2025, Dinas Kesehatan (Dinkes) Batang mulai melaksanakan pemantauan terhadap 7 posko kesehatan di sejumlah titik jalur tol maupun Pantura. Pemantauan dilakukan untuk memastikan kesiapan petugas dan sarpras obat-obatan untuk melayani pemudik yang melintas.

Kepala Dinkes Batang Didiet Wisnuhardanto mengatakan, Dinkes menyiapkan 7 posko kesehatan, 6 posko terpadu terpadu bersama Polres Batang dan 1 posko mandiri bersama Dinas Perhubungan.

“Sejumlah posko terpadu yang disiapkan yakni Alun-alun, Exit Tol Kandeman, posko Roban, Rest Area 379A, Rest Area 360B dan Exit Tol Warungasem,” katanya saat ditemui di Dinkes Batang, Kabupaten Batang, Rabu (26/3/2025).

Dinkes juga telah menyiapkan Tim PSC 119 yang disiagakan di Rest Area 379A dan 360B. “Tugas mereka nanti mengantisipasi jika terjadi laka lantas. Kami juga menyiapkan personel dari 21 Puskesmas untuk bertugas di posko,” jelasnya.

Terkait waktu pelayanan, Didiet mengakui ada sedikit penambahan, di tahun 2024 hanya 14 hari, namun tahun 2025 menjadi 17 hari. Yang pasti meskipun waktu jaga ditambah, kami tetap siap memberikan pelayanan maksimal.

Sementaa itu, Kabid Pelayanan Kesehatan Nuridin menerangkan, pelayanan terhadap pemudik sudah mulai dibuka selama 24 jam, meskipun belum terjadi peningkatan jumlah.

“Kami cek peralatan dan obat-obatan yang dibutuhkan pemudik, seperti analgesik dan vitamin untuk menjaga stamina,” terangnya.

Fokus pelayanan yang diberikan berupa cek kesehatan gratis, terlebih jalur Pantura maupun Tol Batang menjadi titik lelah pengemudi. Tiap posko dalam tiap shift kami siagakan 3 petugas untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi pemudik.

Khusus di posko kesehatan Rest Area 379A dan 360B, para petugas telah mendapatkan dukungan logistik dari CSR PT. Bhimasena Power Indonesia (BPI).

Salah satu petugas PSC 119, Yogi mengutarakan, terjadi peningkatan pemudik sejak beberapa hari, dan diperkirakan pemudik akan terus bertambah hingga puncak arus mudik.

“Kalau kemarin paling dua pemudik yang berkunjung, tapi mulai pagi tadi sudah tambah jadi lima pemudik, itu pun bisa terus bertambah sampai H-1,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)