Home / Berita / Aktivitas Pemuda Pramuka dan Organisasi Sosial / BKKBN JATENG MEWISUDA SEKOLAH LANSIA DI KABUPATEN BATANG

Berita

BKKBN Jateng Mewisuda Sekolah Lansia di Kabupaten Batang

Batang - Hari ini menjadi hari istimewa bagi para peserta sekolah lansia di Kabupaten Batang, dengan dilaksanakannya Wisuda sekolah lansia yang diikuti oleh 60 orang peserta sekolah lansia yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 56 orang perempuan. Sekolah lansia merupakan program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Batang - Hari ini menjadi hari istimewa bagi para peserta sekolah lansia di Kabupaten Batang, dengan dilaksanakannya Wisuda sekolah lansia yang diikuti oleh 60 orang peserta Sekolah Lansia Tangguh yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 56 orang perempuan. Sekolah lansia merupakan program dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Suwarno mengatakan, program ini ditujukan untuk mendorong para lansia belajar mengenai proses menua dengan mengoptimalkan 7 dimensi lansia tangguh.

“Wisuda Sekolah Lansia Tangguh menjadi salah satu bentuk apresiasi kepada siswa sekolah lansia dan Kader Bina Keluarga Lansia (BKL) atas selesainya penyampaian materi dan proses pembelajaran Sekolah Lansia di Kelompok BKL,” katanya usai Mewisuda lansia di Gedung Pramuka Batang, Kabupaten Batang, Kamis (24/10/2024).

Kegiatan wisuda Sekolah Lansia Tangguh adalah kegiatan terusan dari program di ketahanan keluarga terkait dengan lansia tangguh, agar keluarga lansia atau lansianya itu sendiri bisa tetap tangguh tetap sehat Mandiri dan Sejahtera.

“Maka diberikan pelatihan-pelatihan dalam 8 kali pertemuan pada umumnya. Dan diberikan materi 7 dimensi lansia tangguh yaitu itu yang harus dipahamkan kepada manusia itu, sehingga lansia diharapkan bisa mandiri, bisa produktif,” jelasnya.

Suwarno menyebutkan bahwa, produktifnya jangan seperti anak muda, artinya sehat aktif, tidak memberikan beban kepada keluarganya, itu yang diharapkan. Sehingga keluarga itu akan menjadi Sejahtera.

“Semoga kegiatan ini bisa berlanjut lagi, dengan harapan di Kabupaten Batang ini, nanti akan bisa menularkan kepada yang lainnya, sehingga lansia di Batang ini Sehat semua. Ketika sehat, maka keluarga tidak terganggu bisa mencari atau menambah ekonomi, bisa produktif, bisa mencari makan di keluarga tersebut,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Batang Supriyono menambahkan, sekolah lansia digelar dengan tujuan untuk mewujudkan lansia hebat, bahagia, produktif, mandiri dan sejahtera. Sekolah ini telah diikuti sebanyak 60 siswa lansia.

“Wisuda Sekolah Lansia Tangguh ini ada rasa bahagia dan haru. Bahagia karena para lansia ini bisa bersosialisasi, bertemu, beraktivitas bersama dengan lansia lainnya, sehingga bisa menjamin kesehatan mental dan emosinal,” terangnya.

Camat Batang Luksono Pramudito mengpresiasi seluruh peserta lansia dari Kelurahan Proyonanggan Selatan yang mengikuti Sekolah Lansia Tangguh ini begitu bersemangat dan energik dalam menimba ilmu-ilmu yang diberikan pada Sekolah Lansia Tangguh ini.

Menurutnya, antusiasme lansia untuk ikut sekolah ini begitu besar. Semoga mereka dapat menjadi lansia yang sehat, mandiri dan produktif.

Lurah Proyonanggan Selatan Fariz Mukti mengucapkan, terimakasih kepada DP3AP2KB Batang atas dukungannya yang luar biasa terhadap kegiatan kelas lansia tangguh ini.

“Semoga dengan hadirnya Sekolah Lansia Tangguh ini menjadikan lansia di Kelurahan Proyonanggan Selatan dan sekitaranya, serta di seluruh Kabupaten Batang ikut bersemangat,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Jumadi/Sri Rahayu)