Home / Berita / Pelayanan Publik / BPBD BATANG GELAR RAKOR PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI KEBENCANAAN

Berita

BPBD Batang Gelar Rakor Pemanfaatan Sistem Informasi Kebencanaan

Batang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang melaksanakan rapat koordinasi dan pemanfaatan Sistem Informasi Kebencanaan pada Aplikasi Laporan Bencana Batang (Albab).

Batang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang melaksanakan rapat koordinasi dan pemanfaatan Sistem Informasi Kebencanaan pada Aplikasi Laporan Bencana Batang (Albab).

Kepala Pelaksana BPBD Batang Ulul Azmi menyampaikan, melalui rakor tersebut ia berharap mendapat informasi dan umpan balik, agar tercapainya sistem informasi kebencanaan dalam satu data di Kabupaten Batang.

“Saat ini Dinas Komunikasi dan Informatika Batang membangun sistem data informasi kebencanaan, dimana pembangunan aplikasi salah satunya adalah BPBD Batang,” katanya saat membuka Rakor di Hotel Sendang Sari Batang, Kabupaten BAtang, Rabu (23/10/2024).

Albab adalah sebagai upaya mempercepat penanganan bencana yang sudah terintegrasi, sehingga penanganannya lebih cepat.

Sementara itu, Kabid Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Batang Riza Zakiyah menambahkan, untuk kegiatan hari ini dikarenakan ada beberapa data dalam laporan itu kadang-kadang tidak terlaporkan, sehingga kami merasa bahwa harus mengumpulkan semua tim untuk sebuah persamaan atau persepsi tentang suatu laporan itu harus berisi apa saja.

“Kenapa harus begitu, karena hal ini akan memudahkan kita dalam mengambil suatu tindakan dalam menganalisis data dan mengambil tindakan secepatnya, baik itu tindakan darurat maupun tindakan pasca bencananya,” jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, supaya tidak ada missing data kita bisa tahu data apa saja yang terjadi selama 1 tahun atau informasi-informasi terbaru tentang kebencanaan di Kabupaten Batang.

Riza berharap, semua kejadian dan bencana yang terjadi di Batang terlaporkan terekam record semua di Albab. Aplikasi ini bisa diakses oleh masyarakat dan apabila masyarakat itu mengetahui suatu kejadian bencana di Kabupaten Batang, kita bisa bersama-sama saling memberikan empati dan memberikan partisipasinya dalam penanggulangan bencana maupun untuk organisasi lainnya. (MC Batang, Jateng/Jumadi/Sri Rahayu)