Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / RIBUAN ELEMEN MASYARAKAT BATANG PERINGATI MAULID NABI DENGAN LAKUKAN KIRAB

Berita

Ribuan Elemen Masyarakat Batang Peringati Maulid Nabi Dengan Lakukan Kirab

Batang - Ribuan berbagai elemen masyarakat melakukan Kirab Merah Putih dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Batang - Ribuan berbagai elemen masyarakat melakukan Kirab Merah Putih dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kirab merah putih dilepas langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Halaman Makam Syekh Tholabudin Desa Masin, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jumat (11/10/2024).

Rombongan pembawa bendera merah putih pada kirab ini terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP Kabupaten Batang, Banser, Kokam, dan Pramuka serta elemen masyarakat lainnya.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, Kirab Merah Putih ini merupakan rangkaian dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain untuk mengingat teladan Rasulullah dan juga menjadi bentuk kecintaan kita terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah momen berharga bagi umat Islam,” jelasnya.

Melalui pesan-pesan damai dan kasih sayang yang diajarkan oleh Nabi Muhammad, kita dapat mengambil inspirasi untuk menjalani kehidupan yang penuh makna.

Dengan tema “Kadar Bobot Cinta NKRI Tergantung Kecintaan pada Tanah Air”, Lani mengajak peserta kirab untuk memaknai kegiatan tersebut sebagai wujud cinta terhadap tanah air.

“Merah Putih bukan hanya sekadar warna bendera, tetapi simbol semangat juang dan pengorbanan para pahlawan. Semangat ini harus kita jaga demi keutuhan bangsa,” terangnya.

Menurutnya, Kirab Merah Putih menjadi salah satu cara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa harus terus menjaga persatuan dan kesatuan, melestarikan keberagaman budaya, serta menanamkan semangat nasionalisme demi kemajuan Indonesia,” ungkapnya.

Pelaksanaan kirab merah putih dengan peserta jalan kaki membawa bendera merah putih rute mulai dari Halaman Makam Syekh Tholabudin dan berakhir di Alun-Alun Kota Pekalongan. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)