Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PJ BUPATI BATANG AJAK GENERASI MUDA TERAPKAN NILAI PANCASILA

Berita

Pj Bupati Batang Ajak Generasi Muda Terapkan Nilai Pancasila

Batang - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengajak generasi muda untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Batang - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengajak generasi muda untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, pentingnya menanamkan nilai-nilai sila Pancasila pada kalangan generasi muda di Kabupaten Batang.

“Pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan pondasi utama dalam membangun karakter yang kuat dan berintegritas bagi generasi muda,” katanya usai upacara Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Pendapa Kabupaten Batang, Selasa (1/10/2024).

Hal ini tidak lepas dari peristiwa G30S/PKI merupakan salah satu peristiwa pemberontakan yang terjadi pada bulan September 1965, beberapa tahun setelah Indonesia merdeka. Peristiwa G30S/PKI terjadi pada malam hari tanggal 30 September 1965.

“Peristiwa ini mengakibatkan penculikan dan pembunuhan tujuh perwira tinggi TNI AD, termasuk Jenderal Ahmad Yani,” jelasnya.

Makanya, pada tanggal 1 Oktober 1965 diperingati Hari Kesaktian Pancasila untuk mengajarkan kita untuk selalu waspada terhadap ancaman terhadap ideologi Pancasila serta betapa pentingnya peran sejarah dalam membentuk identitas bangsa.

Lani Berharap, generasi muda Kabupaten Batang dapat menjalankan nilai-nilai sila pancasila untuk diterapkan kehidupan sehari-hari harus aktif dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan memperkuat nilai-nilai Pancasila. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)