Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PJ BUPATI BATANG PASTIKAN NETRALITAS ASN TETAP TERJAGA DALAM PILKADA SERENTAK

Berita

Pj Bupati Batang Pastikan Netralitas ASN Tetap Terjaga Dalam Pilkada Serentak

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Sosialisasi peraturan Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada Serentak 2024 di Aula Bupati Batang, Kabupaten Batang, Selasa (27/8/2024).

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang menggelar Sosialisasi peraturan Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada Serentak 2024 di Aula Bupati Batang, Kabupaten Batang, Selasa (27/8/2024).

Kegiatan ini mengacu peraturan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023, menyebutkan bahwa fungsi ASN adalah sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, perekat serta pemersatu bangsa.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, Sosialisasi Netralitas ASN di lingkungan Pemkab Batang perlu dilakukan untuk mengingatkan kembali, bahwa ASN tidak perlu ikut atau berkecimpung dalam Pilkada Serentak nanti.

“Melihat peraturan Netralitas ASN disini, jangan sampai ASN maupun PPPK ikut berkampanye menyuarakan pilihannya secara terang-terangan, mendukung salah satu calon dan menggunakan atribut serta fasilitas kantor saat kampanye,” jelasnya.

Tetapi jika menerima undangan atau memantau jalannya kampanye dengan atribut Netral, itu tidak apa-apa jika melihat peraturannya.

“Terpenting, saya titip agar semua ASN di Kabupaten Batang memposisikan diri sebagai pihak Netral. Menjaga sikap di sosial media dengan tidak usah memposting, memberikan komentar dan like, melakukan share, bahkan bergabung atau mengikuti dalam grup atau akun pemenangan bakal calon,” tegasnya.

Netralitas harus ditunjukkan oleh ASN dan PPPK yang ada di Kabupaten Batang supaya sikap netral kita setiap 5 tahun pada momen Pilkada tetap terjaga. Pilkada serentak pada 27 November 2024 akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah serta memilih Bupati dan Wakil Bupati Batang.

“Proses Pilkada Serentak memang harus kita kawal bersama sebagai ASN, mulai dari persiapan sampai pasca pemilihan karena bertugas menyukseskan dan mengamankan Pilkada khususnya di Kabupaten Batang,” pungkasnya.

Lani berharap, pada Pilkada serentak nanti, selain Netral ASN juga harus memberikan hak pilihnya, jangan sampai ada yang golput, agar berkontribusi nantinya pada kemajuan Kabupaten Batang. (MC Batang, Jateng/Roza/Siska)