Home / Berita / Hukum / ANTISIPASI PENGAMANAN PILKADA SERENTAK, 330 PERSONEL POLRES BATANG LATIHAN SISPAMKOTA

Berita

Antisipasi Pengamanan Pilkada Serentak, 330 Personel Polres Batang Latihan Sispamkota

Batang - Polres Batang melakukan latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka persiapan menghadapi Pilkada Serentak tahun 2024 yang digelar di Jalan Veteran Batang, Kabupaten Batang, Kamis (22/8/2024).

Batang - Polres Batang melakukan latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka persiapan menghadapi Pilkada Serentak tahun 2024 yang digelar di Jalan Veteran Batang, Kabupaten Batang, Kamis (22/8/2024).

Personel yang diterjunkan pada latihan Sispamkota ini sebanyak 330 personel terdiri dari Polres, TNI, dan seluruh elemen masyarakat.

Kapolres Batang AKBP Nur Cahyo Ari Presetyo mengatakan, bahwa kami bersama elemen terkait dalam sistem keamanan kota sesuai prosedur yang berlaku untuk antisipasi terjadinya gejolak di masyarakat pada Pilkada Serentak.

“Skenario tadi diawalai situasi yang landai pada saat masa tenang, pencoblosan, perhitungan, penyampaian aspirasi masyarakat. Personel yang kami terjunkan dalam latihan kali ini ada 330 personel, tetapi nanti pada Pilkada Serentak menerjunkan 450 personel untuk pengamanan,” jelasnya.

Latihan pengamanan merupakan bagian penting dari persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak yang akan datang di Kabupaten Batang.

Ia juga mengatakan, latihan ini memberikan kesempatan bagi seluruh aparat keamanan dan masyarakat untuk mempersiapkan diri menghadapi potensi gangguan keamanan yang mungkin terjadi selama proses Pilkada.

“Bahwa latihan ini menjadi kesempatan bagi Polres Batang untuk mempersiapkan diri secara mandiri tanpa terlalu bergantung pada dukungan dari satuan BKO serta bisa menambahkan kemampuan anggota Polres Batang,” terangnya.

Dia menekankan pentingnya kemandirian dalam pengamanan Pilkada Serentak 2024, terutama karena tidak semua daerah mendapatkan kesempatan untuk menggelar latihan seperti ini.

“Untuk beberapa daerah tidak ada latihan seperti ini. Mereka akan langsung dihadapkan kejadian pengamanan di lapangan tanpa persiapan yang memadai,” ujar dia.

Dalam rangkaian pengamanan penyelenggaraan Pilkada Serentak khususnya dari Polri dan TNI serta KPU sendiri sudah melakukan kegiatan yang terprogram hingga kegiatan cooling down juga ada nanti.

Nur Cahyo berharap, kita semua bersatu padu, semakin semangat menyambut pesta demokrasi ini, dan tentunya, pengamanan di Kabupaten Batang dapat berjalan dengan lancar. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)