Home / Berita / Pemerintahan / PRESIDEN JOKOWI RESMIKAN OPERASIONAL KIT BATANG

Berita

Presiden Jokowi Resmikan Operasional KIT Batang

Batang - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meresmikan operasional Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di halaman Gedung Grand Batang City, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jumat (26/7/2024).

Batang - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meresmikan operasional Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) di halaman Gedung Grand Batang City, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jumat (26/7/2024).

Peresmian itu dihadiri Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki.

Presiden RI Joko Widodo mengatakan, bahwa pertama kali saya ingat betul pada tahun 2019 geopoltik kekuatan besar memanas karena perang dagang antara Amerika - China, belum selesai dan masuk babak kedua 2020 ada Covid-19.

“Kesulitan pada waktu itu menjadi tantangan ada kesempatan besar yang dapat kita raih, asal kita mau kerja keras, karena semua negara berbondong-bondong membangun industri, untuk mendorong stabilitas ekonomi dan inflasi, saya merasakan Indonesia juga bisa bangkit dan menarik para investor,” jelasnya.

Ia menyebutkan, jika kita tidak mengambil peluang dengan cepat, maka kita akan kehilangan. Kita bersyukur karena Indek kita naik ke 27 dunia. Indikator salah satunya adalah ekonomi, efisiensi pembisnis, kesiapan kita menghadapi ekonomi global.

“Saya senang saat itu, sehingga diputuskan untuk membangun KITB 400 hektare tahap pertama, kemudian kita buka 400 lagi yang kedua di sebelah Utara Jalan Tol,” terangnya.

Nantinya akan menampung industri, pabrik-pabrik dengan 250 ribu pekerja yang bisa bekerja di KITB, kita harus membuka lapangan kerja bagi rakyat, ada Rp14 triliun Investasi yang masuk dengan awal 19 ribu pekerja.

“Saya meyampaikan ke pak Menko dan para menteri terkait dengan kawasan industri ini, serta direksi, aktif memasarkan terus menerus, kita sudah lihat beberapa pabrik sudah mulai produksi, sepatu dan seterusnya,” pungkasnya.

Ia berharap, Agustus akan ada pembangunan industri anoda, dan katoda, dan di sini bisa menjadi kawasan yang menjadi penyerap para pekerja. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)