Home / Berita / Pemilu / COKLIT PEMILIH DI KABUPATEN BATANG CAPAI 78 PERSEN

Berita

Coklit Pemilih di Kabupaten Batang Capai 78 Persen

Batang - Proses pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Batang menunjukkan progres yang signifikan. Hingga minggu kedua, sudah 78 persen pemilih yang tercoklit.

Batang - Proses pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Batang menunjukkan progres yang signifikan. Hingga minggu kedua, sudah 78 persen pemilih yang tercoklit.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi M Subkhi, saat sosialisasi Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih di Aula Kantor KPU Batang, Kabupaten Batang, Selasa (9/7/2024).

“Hingga minggu kedua ini, sekitar 78 persen pemilih sudah dicoklit, yaitu sebanyak 485.768 dari 617.756 pemilih,” jelasnya.

Subkhi menargetkan proses coklit bisa rampung pada minggu ketiga. Sehingga di minggu keempat pihaknya bisa melakukan persiapan daftar pemilih dan pleno di setiap tingkatan.

Menurutnya, setelah proses coklit selesai, data akan disusun menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). Proses ini akan dilanjutkan dengan penentuan DPS Hasil Perbaikan, hingga akhirnya ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 21 September mendatang.

Meskipun secara keseluruhan tahapan coklit berjalan lancar, Subkhi mengakui adanya beberapa kendala dalam penggunaan aplikasi e-coklit akibat keterbatasan sinyal di beberapa desa.

“Coklit dilakukan secara manual dan menggunakan aplikasi. Namun, karena ada beberapa titik yang minim sinyal, terkadang ada kendala untuk input data. Tapi tidak banyak, kurang dari 5 persen, dan itupun bisa diatasi dengan sinkronisasi data setelah coklit manual dilaksanakan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Batang Ida Susanti berharap, seluruh elemen masyarakat dapat turut serta menyukseskan tahapan pemilu, terutama dalam pelaksanaan coklit. Ia mengimbau masyarakat yang belum dicoklit untuk segera menghubungi pantarlih atau petugas PPS di masing-masing desa.

“Atas nama KPU Kabupaten Batang, kami meminta dukungan untuk mensukseskan coklit. Jangan sampai ada masyarakat yang punya hak pilih tidak terdaftar dan tercecer. Peran serta kita sangat penting untuk mengawal tahapan coklit ini,” ujar dia.

Dengan antusiasme dan dukungan dari berbagai pihak, KPU Kabupaten Batang optimis dapat menyelesaikan tahapan coklit sesuai target dan memastikan seluruh pemilih terdaftar dengan baik untuk pemilu mendatang. (MC Batang, Jateng/Edo/Siska)