Home / Berita / Aktivitas Pemuda Pramuka dan Organisasi Sosial / PMI BATANG MAMPU SUPLAI DARAH KE KABUPATEN/KOTA TETANGGA

Berita

PMI Batang Mampu Suplai Darah ke Kabupaten/Kota Tetangga

Batang - Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Batang menjadi salah satu rujukan bagi sejumlah rumah sakit dalam pemenuhan stok darah. Secara rutin UTD PMI Batang menyuplai ribuan kantong darah untuk 4 kabupaten/kota tetangga.

Batang - Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Batang menjadi salah satu rujukan bagi sejumlah rumah sakit dalam pemenuhan stok darah. Secara rutin UTD PMI Batang menyuplai ribuan kantong darah untuk 4 kabupaten/kota tetangga.

Setiap bulan sekitar 1.000 - 1.200 kantong darah didistribusikan ke PMI Kabupaten Pekalongan, Pemalang, Kendal dan Kota Pekalongan.

Petugas UTD PMI Batang Ahmad mengatakan, selain 4 wilayah tersebut, secara intens ribuan kantong darah juga didistribusikan untuk tiga rumah sakit di Batang.

“Alhamdulillah setiap harinya ada 20 pendonor. Sehingga setiap bulannya bisa mencukupi kebutuhan ribuan kantong darah di RSUD Batang, Limpung dan RS QIM,” katanya, usai melayani pendonor, di UTD PMI Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (15/6/2024).

Hampir seluruh golongan darah didistribusikan ke sejumlah rumah sakit maupun UTD PMI di wilayah lain.

“Cuma untuk jenis trombosit memang terkadang mengalami kekurangan stok, karena daya tahan yang hanya 5 hari. Solusinya kami penuhi setiap hari dari pendonor lokal,” jelasnya.

Di hari donor darah sedunia ini, ia mengharapkan, donor darah dijadikan gaya hidup sehat. Sebab manfaatnya sangat baik bagi tubuh karena secara berkelanjutan ada regenerasi sel darah baru serta sirkulasi darah makin lancar.

Sementara itu, Salah seorang pendonor, Gregorius Aldi telah menjadi pendonor rutin selama kurun waktu satu tahun. Ia terinspirasi membaktikan dirinya dengan menjadi pendonor rutin, demi menyelamatkan nyawa sesama.

“Saya sudah setahun mendonorkan darah. Rasanya badan lebih ringan, nyaman dan lebih segar karena sel darah kita terbarukan terus,” ungkapnya.

Ia mengharapkan, kebiasaannya mendonorkan darah menjadi motivasi bagi pemuda lain. Yang diniatkan untuk membantu menyelamatkan orang yang membutuhkan transfusi darah. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)