Home / Berita / Teknologi / JARING INOVASI BERKUALITAS, BAPELITBANG BATANG GELAR LOMBA KRENOVA TAHUN 2024

Berita

Jaring Inovasi Berkualitas, Bapelitbang Batang Gelar Lomba Krenova Tahun 2024

Batang - Dalam menjaring inovasi-inovasi baik individu dan kelompok di Kabupaten Batang, Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Batang menggelar Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) tahun 2024 di Bapelitbang Batang, Kabupaten Batang, Jumat (17/5/2024).

Batang - Dalam menjaring inovasi-inovasi baik individu dan kelompok di Kabupaten Batang, Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Batang menggelar Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) tahun 2024 di Bapelitbang Batang, Kabupaten Batang, Jumat (17/5/2024).

Kegiatan Lomba Krenova diikuti 9 peserta dari seluruh wilayah di Kabupaten Batang yang mempunyai inovasi tinggi.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Bapelitbang Batang Bagus Pambudi mengatakan, bahwa Lomba Krenova tahun 2024, para peserta melakukan pemaparan yang sangat menarik ada potensi bisa menjuarai tingkat Provinsi.

“Kegiatan krenova kali ini bertema "Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat yang Berdaya Saing Melalui Inovasi Teknologi" yang mengacu pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi,” jelasnya.

Makanya, produk yang dihasilkan pada Krenova ini nantinya akan kami fasilitasi untuk dipatenkan, karena ada potensi teknologi terkini dan ada juga yang akan diberikan hak cipta.

“Dari 9 peserta akan muncul 4 pemenang yang sudah melalui penjurian dan penilaian yang didapatkan juara 1, juara 2, juara 3, dan untuk yang mendapatkan harapan akan dipilih kembali mana yang potensi lebih bagus untuk diberangkatkan pada tingkat Provinsi Jawa Tengah,” terangnya.

Ia juga menyebutkan bahwa, penilaiannya ada lima aspek poin yakni orisinalitas, kepioniran, penerapan di masyarakat, manfaat, dan keberlangsungan.

“Pengalaman pada dua tahun kebelakang Kabupaten Batang selalu mendapatkan hasil yang baik yakni menjadi juara pertama Krenova tingkat Provinsi Jawa Tengah, dan mudah-mudahan tahun ini juga bisa menjadi juara kembali,” harapnya.

Bagus juga menegaskan bahwa, untuk peserta yang belum berhasil menjadi pemenang jangan khawatir, karena nantinya akan tetap kami ikutkan penjaringan inovasi masyarakat tingkat Provinsi juga yang hadiahnya sama, hanya saja metodenya berbeda.

“Hasil lomba Krenova ini bisa dibilang sangat bermanfaat sekali dalam inovasi dan teknologi seperti pemenang pada tahun 2022 dengan inovasi alat pemilah sampah yang sekarang sudah diproduksi dan laku terjual,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, pemenang pada tahun 2023 dengan inovasi alat pembuat kudapan dari cumi yang dikeringkan tipis yang sekarang produksinya sudah ekspor. Setiap tahunnya kami memang selalu memperbaiki lomba krenova Kabupaten Batang untuk memperkuat ekosistem inovasi dan teknologi di Kabupaten Batang.

Ia berharap, ke depan Lomba Krenova bisa mempunyai kategori yang banyak dari mulai pelajar hingga umum, sehingga bisa menjaring inovasi yang semakin berkualitas. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)