Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / BLUEPRINT BATANG 2045: SINERGI PEMBANGUNAN DAERAH DAN PEMBERDAYAAN GENERASI MUDA

Berita

Blueprint Batang 2045: Sinergi Pembangunan Daerah dan Pemberdayaan Generasi Muda

Batang - Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyampaikan, dua Raperda penting dalam Rapat Paripurna di Kantor DPRD Batang, Kabupaten Batang, Senin (13/5/2024).

Batang - Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyampaikan, dua Raperda penting dalam Rapat Paripurna di Kantor DPRD Batang, Kabupaten Batang, Senin (13/5/2024).

Raperda pertama, yang menandai langkah maju Kabupaten Batang adalah tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) tahun 2025-2045, sebuah blueprint ambisius untuk masa depan yang lebih cerah.

“Kita berada di ambang babak baru dengan dua Raperda yang kita bahas hari ini. Pertama, Raperda RPJPD tahun 2025-2045 yang telah dirancang secara matang, dan kedua, Raperda tentang kepemudaan,” jelasnya.

Lani menekankan pentingnya perencanaan yang komprehensif dalam pembangunan daerah.

“Pemerintah daerah harus menyusun dokumen perencanaan yang solid, mencakup program jangka panjang, menengah, dan tahunan, sebagai bagian dari sistem perencanaan pembangunan nasional,” ungkapnya.

Dokumen RPJPD sebelumnya, yang ditetapkan pada tahun 2007, akan segera berakhir, membuka jalan bagi rencana yang lebih inovatif dan adaptif untuk dua dekade mendatang.

“Penyusunan RPJPD baru ini akan berjalan seiring dengan RPJPN Tahun 2025-2045 dan RPJPD Provinsi Jawa Tengah, memastikan sinergi dan keselarasan dalam pembangunan,” tuturnya.

Tak kalah pentingnya, Raperda tentang Kepemudaan menggarisbawahi peran vital generasi muda sebagai aset pembangunan bangsa.

“Generasi muda bukan hanya pengukir sejarah, tetapi juga pelaku utama hari ini dan penentu masa depan kita,” tegasnya.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, pengembangan pemuda meliputi aspek kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan.

“Kami bertekad untuk menumbuhkan semangat kepemimpinan, mendorong kreativitas, dan mempercepat pengambilan keputusan di kalangan pemuda, sehingga mereka dapat berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan daerah dan nasional,” tandasnya.

Dengan rencana yang telah disampaikan, Dewan dan instansi terkait akan segera melakukan pembahasan mendalam sebelum persetujuan bersama, menandai langkah maju yang signifikan bagi Kabupaten Batang dalam meraih masa depan yang gemilang. (MC Batang, Jateng/Edo/Siska)