Home / Berita / Pendidikan dan Latihan / BPSDMP YOGYAKARTA GELAR PELATIHAN DIGITAL TALENT

Berita

BPSDMP Yogyakarta Gelar Pelatihan Digital Talent

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang bekerja sama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDM) kominfo Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS).

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang bekerja sama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDM) kominfo Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS).

Kepala Diskominfo Batang Triossy Juniarto melalui Kepala bidang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Diskominfo Batang Dwi Marendra mengatakan, kegiatan ini merupakan nota kesepahaman kerjasama antara kepala BPSDM Yogyakarta dengan Pemkab Batang. Di tahun 2024 ini kita mendapatkan 480 orang kuota untuk berbagai jenis pelatihan.

“Ada Digital Entrepreneurship (DEA) atau pemasaran digital dasar-Manajemen Operasional Bisnis, Operator Komputer Madya dan Junior Network Administrator. Yang masing-masing diperuntukkan bagi sedang tidak bekerja dari lulusan SMA/SMK sederajat atau Diploma,” katanya saat ditemui usai memantau jalannya pelatihan di SMPN 6 Batang, Kabupaten Batang, Senin (13/5/2024).

Kegiatan pelatihan ini sudah memasuki periode yang kedua, periode yang pertama sudah dilaksanakan untuk tematik akademi dan digital entrepreneur Academy dengan 180 peserta. Sisanya tinggal 300 peserta untuk dilaksanakan di periode yang kedua dan periode yang ketiga, nah periode yang kedua ini dilaksanakan 13 hingga 17 Mei 2024.

Dwi juga menyampaikan, harapannya peserta yang mengikuti pelatihan dengan tema Junior Network Administrator ini selain dapat materi kompetensi juga dapat Sertifikat dari BNSP dengan tiga hari pelatihan dua hari uji kompetensi.

“Mudah-mudahan setelah mengikuti mengikuti kegiatan ini mendapatkan Sertifikat bisa siap untuk berkompetisi mencari pekerjaan. Sertifikan tersebut dapat untuk tambahan CV teman-teman terutama warga yang berdomisili Batang,” harapnya.

Jadi program DTS ini dikhususkan warga yang berdomisili Batang, kemudian untuk Pelatihan Operator Komputer Madya lokasinya di SMPN 1 Batang, Junior Network Administrator di lokasi SMPN 6 Batang dan Manajemen Operasional Bisis lokasinya di Kantor Bapelitbang Batang.

“Berikutnya ada Pelatihan Basic Siber Security untuk SMA/SMK sederajat lokasinya di SMPN 3 Batang sasarannya adalah pelajar-pelajar SMA/SMK sederajat yang sedang sekolah baik itu kelas 10-12 bisa mengikuti. Karena di tengah-tengah maraknya teknologi informasi yang berkembang ini perlu adanya keseimbangan. Sehingga keseimbangan ini dimulai dari faktor keamanan makanya, Basic Cyber Security untuk para pelajar itu penting biar mendapatkan pondasi yang kuat terutama ketika menggunakan teknologi digital,” terangnya.

Ia berharap, seluruh tema yang dilaksanakan bisa bermanfaat bagi para peserta baik itu untuk pelajar yang sedang mencari kerja, untuk yang sedang berusaha dan lain sebagainya. Ini adalah bukti komitmen Pemkab Batang serius dalam mencapai tujuan yang dicanangkan oleh pemerintah daerah bahwa, Batang ini akan menjadi kota industri dan Kota Wisata.

“Kita selaku Diskominfo secara khusus juga berkontribusi di sektor ini terutama sektor industri dan wisata biar seluruh pihak yang terkait itu bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman pengetahuan terkait dengan digitalisasi,” pungkasnya.

Seluruh kegiatan ini dibimbing atau pelatihnya dari BPSDM kominfo Yogyakarta yang sudah mendapatkan sertifikat mengajar, jadi memang sudah benar-benar memenuhi standar pengajar. (MC Batang, Jateng/Jumadi/Sri Rahayu)