Home / Berita / Kesehatan / LAYANAN TERAPI KHUSUS DINSOS MULAI DIDATANGI ANAK DISABILITAS DI BATANG

Berita

Layanan Terapi Khusus Dinsos Mulai Didatangi Anak Disabilitas di Batang

Batang - Sebulan sejak diresmikan Layanan Terapi Khusus bagi Penyandang Disabilitas dan Anak Berkebutuhan Khusus (Latih Adikku) Dinas Sosial Kabupaten Batang mulai kedatangan sejumlah pasien.

Batang - Sebulan sejak diresmikan Layanan Terapi Khusus bagi Penyandang Disabilitas dan Anak Berkebutuhan Khusus (Latih Adikku) Dinas Sosial Kabupaten Batang mulai kedatangan sejumlah pasien.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Rehab dan Linjamsos Dinsos Batang Linda Kusuma Hapsari saat ditemui di Kantor Dinsos Batang, Kabupaten Batang, Rabu (6/2/2024).

Sejak diresmikan hingga sekarang sudah ada enam orang yang  dilayani di Layanan Terapi Khusus. Tidak terkecuali yang hanya bertanya-tanya untuk konsultasi saja boleh.

Ia menyebut pihaknya sudah mulai mengumumkan layanan terapi gratis untuk anak penyandang disabilitas itu. Latih Adikku merupakan bantuan dari Kemensos melalui Sentra Terpadu Kartini di Temanggung.

“Pelayanan khusus disini ada terapi fisioterapi dan terapi wicara yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Batang. Namun, pelayanan disini masih melayani terapi fisioterapi saja karena   belum ada  Sumber Daya Manusia (SDM) untuk terapi wicara,” jelasnya.

Dari sisi peralatan, bantuan dari Kemensos sudah sangat mencukupi. Pihaknya pun selalu dipantau secara periodik oleh Kemensos terkait pemanfaat dan penggunaan alat untuk terapi itu.

“Maka, pada tahun 2025 nanti akan mencoba mengajukan tenaga tambahan terapis wicara. Pelayanan disini memang tidak sembarangan anak penyandang disabilitas bisa memakai, karena sasaran terapi gratis itu adalah masyarakat kurang mampu,” terangnya.

Setiap pengguna Latih Adikku harus masuk dalam daftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Lalu juga ada rekomendasi dari pihak dokter.

Sementara itu, Terapis Fisioterapi Dinsos Batang Nurul Huda menyebut suka duka berhubungan dengan anak berkebutuhan khusus. Baginya, kunci utama terapi anak disabilitas adalah pendekatan pada pasien.

“Contohnya kemarin ada yang ingin terapi disini, tapi baru mau turun saja sudah nangis. Mungkin karena tempatnya baru karena baru pertama kali kesini,” ujar dia.

Ia berharap, mudah-mudahan adanya Latih Adikku ini bisa menjadi layanan terapi untuk anak-anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Batang. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)