Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / HADIRNYA LAYANAN TERAPI KHUSUS, 60 ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI BATANG ANTUSIAS UNTUK DITERAPI

Berita

Hadirnya Layanan Terapi Khusus, 60 Anak Berkebutuhan Khusus di Batang Antusias Untuk Diterapi

Batang - Dinas Sosial Kabupaten Batang meresmikan unit layanan terapi khusus untuk berkebutuhan khusus bisa mendapatkan layanan terapi gratis.

Batang - Dinas Sosial Kabupaten Batang meresmikan unit layanan terapi khusus untuk berkebutuhan khusus bisa mendapatkan layanan terapi gratis.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, adanya unit pelayanan khusus di Dinsos Kabupaten Batang diberikan gratis bagi penyandang berkebutuhan khusus.

“Pelayanan khusus disini ada terapi fisioterapi, okupasi terapi, dan terapi wicara untuk itu masyarakat bisa datang kesini semua, karena terapinya gratis,” katanya, usai meresmikan unit layanan terapi di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Batang, Rabu (7/2/2024).

Sudah ada 60 anak berkebutuhan khusus sudah menunggu terapi disini, karena kita akan memberlakukan jadwal setiap terapinya agar teratur.

“Untuk itu, jika ada masyarakat mempunyai anak berkebutuhan khusus bisa dibawa kesini. Layanan ini memang sangat dibutuhkan bagi masyarakat berkebutuhan khusus supaya bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” jelasnya.

Dijelaskannya, penyandang berkebutuhan khusus adalah warga negara yang harus diberi peluang, harus diberi penghargaan, harus diberi kesempatan untuk memiliki derajat yang sama dengan yang lain. Kesetaraan dan kesepadanan dalam banyak hal sebagai warga yang non- berkebutuhan khusus.

“Tujuannya adanya unit layanan terapi khusus bisa mendekatkan pelayanan bagi anak disabilitas dengan ruangan yang memadahi. Memang pelayanan seperti ini juga ada di rumah sakit, tetapi dengan kondisi area banyak orang sakitnya pasti kurang baik,” terangnya.

Unit layanan terapi khusus ini, merupakan bantuan dari Kemensos RI melalui Sentra Terpadu Kartini Temanggung.

Ia berharap, mudah-mudahan layanan ini bisa terus berkembang ke depannya, sehingga nantinya tidak hanya tiga terapi, tetapi bisa lebih banyak lagi dari Kemensos RI. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)