Home / Berita / Aktivitas Pemuda Pramuka dan Organisasi Sosial / ANTUSIASME PENDONOR TINGGI, WUJUD PRIBADI YANG BEREMPATI

Berita

Antusiasme Pendonor Tinggi, Wujud Pribadi yang Berempati

Batang - Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMAN 1 Subah menggelar kegiatan donor darah, sebagai perwujudan kepedulian terhadap sesama, di Laboratorium Fisika, SMAN 1 Subah, Kabupaten Batang, Rabu (17/1/2024).

Batang -  Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMAN 1 Subah menggelar kegiatan donor darah, sebagai perwujudan kepedulian terhadap sesama, di Laboratorium Fisika, SMAN 1 Subah, Kabupaten Batang, Rabu (17/1/2024).

Sebanyak 27 pendonor ikut berpartisipasi dalam aksi yang rutin dijalankan setiap 2 kali dalam setahun, sekaligus merespons kekurangan stok darah di beberapa rumah sakit di Kabupaten Batang.

Pembina PMR SMAN 1 Subah Yulius Idris Widiyana menjelaskan, tujuan utama kegiatan untuk menciptakan kesadaran akan pentingnya berbagi kepada sesama.

“Donor darah bukan hanya memberikan manfaat nyata kepada penerima, tetapi juga membentuk karakter siswa-siswi menjadi individu yang peduli dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat sekitar,” jelasnya.

Kegiatan semacam ini tidak hanya menonjolkan aspek kemanusiaan, tetapi juga menciptakan peluang bagi siswa-siswi untuk mengembangkan rasa empati dan solidaritas.

“Kami ingin membentuk ilmuwan atau budayawan, yang berkepribadian dan memiliki empati terhadap sesama,” terangnya.

Salah satu siswa pendonor Arya Leksana mengatakan, langkah ini merupakan awal untuk membiasakan diri menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama.

“Saya merasa bangga dan bahagia bisa berkontribusi untuk membantu sesama,” ujar dia.

Para peserta didik tidak hanya berperan sebagai pendonor, tetapi juga aktif dalam kegiatan pendukung seperti penyuluhan kesehatan dan kebersihan.

“Semangat gotong-royong yang kuat menunjukkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dari semangat kebersamaan pelajar,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Satria/Heri)