Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / CAPAI ODF 100%, BANK JATENG BERIKAN BANTUAN RP1 MILIAR UNTUK ATASI BAB SEMBARANGAN

Berita

Capai ODF 100%, Bank Jateng Berikan Bantuan Rp1 miliar Untuk Atasi BAB Sembarangan

Batang - Upaya zero perilaku Buang Air Besar (BAB) sembarangan yang dapat menghambat pertumbuhan fisik anak-anak terus dilakukan di Kabupaten Batang.

Batang - Upaya zero perilaku Buang Air Besar (BAB) sembarangan yang dapat menghambat pertumbuhan fisik anak-anak terus dilakukan di Kabupaten Batang.

Penjabat (Pj) Bupati Batang telah memberikan perhatian khusus dalam mengenai masalah BAB sembarang dengan menggandeng Bank Jateng sebagai Tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang membantu program terbebas dari BAB sembarangan.

“BAB sembarangan dapat meningkatkan risiko terhadap kesehatan anak-anak, bahkan dapat menyebabkan penyakit serius seperti seperti stunting,” kata Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki usai meresmikan gedung di Bank Jateng KCP Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Senin (8/1/2023).

Lani menekankan pentingnya kesadaran masyarakat akan sanitasi yang sehat, termasuk pentingnya memiliki toilet yang layak. Dalam upaya mengurangi dampak penyakit akibat sanitasi yang buruk, Ia juga mendorong semua pihak, termasuk perusahaan swasta, untuk berpartisipasi dalam program-program sanitasi.

“Untuk itu, bantuan CSR Bank Jateng yang diberikan sebesar Rp1 miliar tahun 2023 bisa menghasilkan hasil maksimal dengan Kabupaten Batang 100% terbebas dari Open Defecation Free (ODF),” terangnya.

Hal ini sangat berguna dengan keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang mendorong pemerintah daerah mencari dukungan eksternal dalam mewujudkan program pembangunan.

“Saya berharap agar perusahaan-perusahaan, termasuk perbankan, dapat memberikan CSR untuk mendukung pembangunan sanitasi dan infrastruktur lainnya di Kabupaten Batang,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)