Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PJ BUPATI BATANG : SEMANGAT JUANG TIDAK BOLEH LUNTUR KARENA USIA

Berita

Pj Bupati Batang : Semangat Juang Tidak Boleh Luntur Karena Usia

Batang Peringati Hari Ulang Tahun Ke-67 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, berpesan kepada para anggota LVRI untuk terus semangat berjuang walaupun di usia lanjut.

Batang Peringati Hari Ulang Tahun Ke-67 Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, berpesan kepada para anggota LVRI untuk terus semangat berjuang walaupun di usia lanjut.

Semangat berjuang merebut kemerdekaan, melawan penjajah, melawan musuh, bahkan melawan hawa nafsu, dan sebagainya, tidak boleh luntur oleh usia, semangat ini yang harus diteladani oleh para generasi muda,” katanya saat menghadiri Tasyakuran Peringatan HUT Ke-67 LVRI di Aula Macab LVRI Veteran Batang, Kabupaten Batang, Rabu (3/1/2023).

Sementara itu, Ketua Macab LVRI Kabupaten Batang Peltu Suhartono mengatakan, makna peringatan HUT LVRI adalah sebagai upaya intropeksi diri sekaligus evaluasi perjalanan sebuah organisasi dalam melayani kepentingan anggotanya.

“Hanya dengan dedikasi dan pengabdian tanpa pamrih, organisasi LVRI tetap eksis dan solid. LVRI harus tetap memberikan peran dan kontribusi terbaik bagi bangsa dan Negara,” terangnya.

Ia menambahkan, menjelang pesta demokrasi, HUT Ke-67 ini LVRI mengambil tema “Legiun Veteran RI Siap Menyambut Pemilihan Umum yang Aman, Sejuk, Damai, Serta Tetap Terjaganya Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

“Tema ini akan menjadi pedoman bagi arah dan kelanjutan perjuangan anggota seluruh LVRI dalam upaya tetap menjaga persatuan dan kesatuan Negara,” tegasnya.

Legiun Veteran Republik Indonesia atau LVRI merayakan hari jadinya yang Ke-67. Tepatnya di awal tahun baru pada 2 Januari 2024 ini.

“LVRI merupakan organisasi yang menghimpun para veteran Republik Indonesia. Keberadaan mereka diatur dalam Undang-Undang No. 15 Tahun 2012,” ungkapnya.

Melalui UU tersebut dikatakan bahwa negara perlu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif. Yakni, atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi maupun kelaskaran.

“Tepatnya, dalam memperjuangkan, membela dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Veteran sendiri merupakan warga negara Republik Indonesia yang ikut secara aktif dalam sesuatu peperangan. Baik itu perang dalam membela ataupun mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Ardhy/Jumadi)