Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PJ BUPATI BATANG MINTA, PELAKU FASHION DAPAT MENGINPIRASI MASYARAKAT LOKAL

Berita

Pj Bupati Batang Minta, Pelaku Fashion Dapat Menginpirasi Masyarakat Lokal

Batang Desainer muda Wulan Vellea menggelar Fashion Design dengan tema “Bhineka Tunggal Ika Creative 2023”, di Aula House Of Rhapsodia Batang, Kabupaten Batang, Rabu (27/12/2023) malam.

Batang Desainer muda Wulan Vellea menggelar Fashion Design dengan tema “Bhineka Tunggal Ika Creative 2023”, di Aula House Of Rhapsodia Batang, Kabupaten Batang, Rabu (27/12/2023) malam.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, Acara Bhinneka Tunggal Ika Creative Fashion Design 2023 ini memiliki arti luar biasa dan sangat relevan dengan semangat kebinekaan yang selalu kita junjung dan kita anut sebagai bangsa Indonesia. Dalam keragaman kita, kita dapat bersatu dan menciptakan sesuatu yang indah.

“Melalui kegiatan ini, kita juga secara resmi meresmikan Komunitas Pelaku Fashion Kabupaten Batang. Saya yakin dengan adanya komunitas ini, kolaborasi dan sinergi antara para pelaku fashion di Kabupaten Batang akan semakin kuat dan saling mendukung dalam mewujudkan karya-karya unggul dan kreatif,” jelasnya.

Lani juga mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Batang dan pribadi, saya merasa sangat bangga melihat semangat dan keberhasilan para desainer lokal dalam menghasilkan karya-karya fashion yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

“Hal ini juga menjadi bukti bahwa Kabupaten Batang memiliki potensi yang besar dan luar biasa dalam mengembangkan industri kreatif, termasuk industri fashion,” tuturnya.

Ia berharap, melalui acara ini, para pelaku fashion Kabupaten Batang tidak hanya menginspirasi masyarakat lokal, tetapi juga menjadi contoh yang baik bagi para desainer muda di seluruh Indonesia.

“Dengan kerja keras, tekad yang kuat, dan semangat kebersamaan, kita dapat menciptakan industri fashion yang berkelanjutan dan mampu memberikan dampak positif bagi perekonomian dan pembangunan Kabupaten Batang,” tegasnya.

Sementara itu, Desainer muda Wulan Vellea menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan ini adalah ingin sekali membuat Batang itu ada wadah tempat untuk para pelaku fashion, serta dapat menampilkan karya-karya dalam menampilkan suatu inovasi baru dan lain sebagainya.

“Hari ini, diresmikan kreatif fashion desain komunitas yang saya bentuk untuk Kabupaten Batang, yang nantinya jika semua ingin belajar boleh ikut serta gabung di komunitas kami. Untuk saat ini ada 21 pelaku-pelaku fashion dan kemudian mereka juga menampilkan lomba dengan membuat baju karya dengan tema Bhineka Tunggal Ika,” terangnya.

Ia juga mengungkapkan, sangat ingin sekali ada wadah untuk para pelaku fashion, tentunya untuk kemajuan Batang. Sehingga banyak tercetus yang memiliki tempat dimana mereka bisa berkarya, mereka bisa melakukan pelatihan, kemudian melakukan inovasi-inovasi terjun ke masyarakat langsung memberi ruang kepada masyarakat.

“Yang mungkin contoh seperti tidak bisa melanjutkan sekolah atau banyaknya pengangguran, tapi mereka bisa belajar kreativitas. Karena kreativitas ini tidak akan selesai begitu saja, di mana harus dilakukan di sekolah-sekolah, dengan ini kita bisa bentuk sebuah kesederhanaan membuat suatu konsep dalam arti kita bentukdan latih,” ungkapnya.

Dengan adanya pelatihan tersebut, dapat memanfaatkan kain atau daun untuk dapat diolah menjadi sebuah produk. Sehingga dengan produk handmade atau buatan sendiri, mereka berani melakukan inovasi-inovasi dengan memanfaatkan barang limbah.

“Inovasi memang agak butuh waktu untuk bisa, tapi dengan latihan mereka sudah dilatih secara konsep pembuatan sebuah produk, sehingga itu akan mudah dan bisa menambah nilai jual yang mereka buat atau konsep. (MC Batang, Jateng, Jumadi)