Home / Berita / Pemerintahan / BPK PERWAKILAN PROVINSI JAWA TENGAH BERTANDANG KE BATANG

Berita

BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Bertandang ke Batang

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang menerima tamu dari Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dalam rangka menerima pengarahan dari Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah Hery Subowo terkait penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) kabupaten batang tahun 2016 yang bertempat di aula Kantor Bupati Batang, selasa 31 Januari 2017.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Batang mengucapkan terima kasih atas kehadirannya untuk memberikan pengarahan pada kami, seluruh OPD se Kabupaten Batang. Kesempatan ini sangat langka dan bahkan satu-satunya di Indonesia, pertama kali bapak kepala perwakilan memberikan pengarahan pada kita terkait penyusunan LKPD, ini menujukan komitmen beliau untuk membantu pemerintah Kabupaten Batang dalam rangka menyusun laporan keuangan pemerintah daerah yang lebih berkualitas dibanding tahun-tahun yang lalu kata Sekda Nasikhin pada saat memberikan sambutan pada acara pertemuan antara BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah dengan Pemkab Batang di aula pemkab Batang.

Kesempatan yang baik ini agar kepala OPD bisa memanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan komitmen kita bagaimana nanti kita semuanya bisa menyusun LKPD tahun 2016 ini dengan lebih baik lagi tandas Nasikhin.

Nasikhin melaporkan kepada Bupati Batang dan kepala BPK Perwakilan Provinsi bahwa seluruh perangkat daerah Kabupaten Batang telah melaksanakan langkah-langkah dalam penyusunan laporan keuangan. Harapannya apabila di temukan hal-hal yang menyulitkan terkait dengan penyusan LKPD bapak ibu kepala OPD jangan segan-segan untuk melakukan koordinasi dan konsultasi dengan tim yang harapannya dengan demikian nanti yang kita inginkan penyusunan LKPD yang berkualitas bisa kita capai.

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo mengatakan “Hari ini kedatangan tamu isitimewa, karena tidak semua kota/kabupaten di Jawa Tengah bisa mempunyai event seperti yang kita laksanakan seperti sekarang ini yakni kehadiran beliau kepala BPK perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Mari kita manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk berkonsentrasi dan sekaligus bersilaturahmi dengan beliau yang sudah menyempatkan waktunya untuk Kabupaten Batang.

Dari awal kita sudah bener-bener merasakan bersama bahwa kehadiran teman-teman dari BPK ini, patner kerja kita, patner kerja yang tugasnya mendampingi saudara-saudara agar bekerja aman, jadi kita luruskan dulu persamaan persepsi, bukan untuk mencari-cari kesalahan tapi untuk menuntun agar saudara-saudara bener dalam bekerja. Patner kita juga dari kejaksaan, kepolisian dan sebagainya tandas Bupati.

Oleh karena itu saudara-saudara sekalian saya dan pak wakil ini hanya mengantarkan istilahnya agar saudara ini kerja nyaman saya pesan dengan perangkat daerah baru tolong bekerja dengan hati-hati, event seperti ini manfaatkan dengan baik dan kedepan kita semua harus terus belajar dan kedepan kita harus lebih baik, siapapun pengganti saya di Batang ini tolong damping dengan baik kata Bupati.

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Hery Subowo mengatakan kami datang kesini ingin menyampaikan beberapa hal saja selebihnya sifatnya sharing pengetahuan dan pengalaman. Mudah-mudahan bermanfaat bagi bapak ibu sekalian dalam rangka menyusun laporan keuangan. Kalau kami BPK tugasnya memeriksa laporan keuangan.

Kami sampaikan bahwa BPK tugasnya memeriksa yakni memeriksa keuangan Negara, jadi siapa dia dari latar belakang apapun dia dengan posisi apapun dia selama yang bersangkutan mengelola keuangan Negara maka dia bisa diperiksa oleh BPK.BPK dalam lima tahun kedepan akan memiliki visi yakni mendorong tata kelola keuangan Negara dalam rangka mencapai tujuan bernegara melalui pemeriksaan yang berkualitas. Di setiap level pemerintahan itu pasti dalam rangka mencapai tujuan bernegara dengan fungsinya masing-masing tentunya. Kemudian penganggaran itu juga harus dikelola secara efesien, ekonomis dan efektif ini basis kinerja seberapa jauh anggaran itu mendukung pencapaian kinerjanya kata Hery subowo.

Hadir kepala BPK Perwakilan Jawa Tengah, jajaran tim auditor BPK Provinsi Jawa Tengah, Wakil Bupati Batang , Soetadi, Sekda Batang Nasikhin, para kepala perangkat daerah se Kabupaten Batang, kepala UPTD Dinas Pendidikan, Kepala UPTD Puskesmas se-Kabupaten Batang. (iwan)