Home / Berita / Pendidikan dan Latihan / GALI POTENSI KEJURNALISTIKAN, SMABAH EDUWISATA KE RRI

Berita

Gali Potensi Kejurnalistikan, Smabah Eduwisata ke RRI

Batang - Puluhan pelajar SMAN 1 Subah menggelar kunjungan eduwisata ke LPP Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang Selasa (12/12/2023) lalu. Kegiatan tersebut bagian dari upaya memberikan pemahaman seputar perkembangan teknologi informasi dan kejurnalistikan.

Batang - Puluhan pelajar SMAN 1 Subah menggelar kunjungan eduwisata ke LPP Radio Republik Indonesia (RRI) Semarang Selasa (12/12/2023) lalu. Kegiatan tersebut bagian dari upaya memberikan pemahaman seputar perkembangan teknologi informasi dan kejurnalistikan.

Bagi para pelajar kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh kecerdasan akademis, melainkan juga oleh potensi diri. Inilah yang melandasi pelajar SMAN 1 Subah, yang juga merambah kompetensi melalui minat dan bakat.

Pembina ekstrakulikuler SMAN 1 Subah Cinema Firsty Manah Asri menjelaskan, kunjungan ini bentuk nyata dari komitmen sekolah dalam memberikan pengalaman belajar yang lebih luas kepada para siswa.

“Kunjungan ini sebagai bentuk nyata upaya kami untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman langsung kepada siswa, agar mereka dapat menigkatkan pengetahuan dalam bidang teknologi dan jurnalistik,” katanya saat dihubungi melalui gawai, Kamis (14/12/2023).

Salah satu peserta Arya Leksana mengungkapkan, wisata edukasi ini bukan hahnya meningkatkan pengetahuan dan pengalaman, melainkan dapat menambah relasi dan menjadikan pelajar melek terhadap perkembangan teknologi.

“Kami diberikan wawasan mendalam tentang sejarah radio, jurnalistik, dan perkembangan RRI. Sementara di BPTIK, dikenalkan pada konsep multimedia, dan berkesempatan untuk menjelajahi wahana edukasi seperti Augmented Reality, Virtual Reality, Bioskop Tata Surya, Teropong Bintang, dan Radio Streaming,” jelasnya.

Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMAN 1 Subah Mamik Miyarti mengapresiasi pada BPTIK dan RRI atas sambutan hangat dan pengetahuan baru dikunjungan wisata edukasi ini.

“Sangat menginspirasi bagi siswa ekstrakurikuler untuk terlibat lebih dalam di bidang media dan teknologi, serta membuka wawasan mereka terhadap peluang dan tantangan yang ada di era digital ini,” ungkapnya.

Plt Kepala LPP RRI Semarang Hanifahridads mengatakan, kegiatan ini membuka peluang pelajar untuk lebih mendalami aspek-aspek penting terkait dunia radio, mulai dari sejarah RRI, jurnalistik, hingga pemanfaatan teknologi masa kini dalam penyiaran.

“Pelajar dapat lebih mengenal Radio Republik Indonesia dan memahami peran pentingnya dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Mereka juga jadi tahu bagaimana proses produksi dan siaran radio dilakukan di lingkungan profesional RRI,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)